Tips Mendapatkan Senyuman yang Manis

PRIMA BERITA – Senyum yang manis, siapa yang tidak mau? Senyum merupakan salah satu hal sederhana yang pertama kali diamati orang lain. Maka dari itu, banyak orang mendambakan punya senyuman yang manis. Pasalnya, hal ini dapat membuat rasa percaya diri seseorang meningkat. Dengan rasa percaya diri yang tinggi, kalian akan lebih segar. Yuk simak tips untuk mendapatkan senyuman yang manis.

Kurangi minum kopi dan teh

Minuman seperti kopi dan teh mengandung kafein tinggi yang secara perlahan dapat mengikis enamel gigi jika dikonsumsi secara terus-menerus. Noda yang ditinggalkan oleh kafein bisa mengendap sehingga menyebabkan gigi menguning dibiarkan terlalu lama bahkan tanpa dibilas dan disikat secara teratur. Yang pada akhirnya menyebabkan deretan gigi dengan warna yang kurang menarik saat tersenyum.

Rutin sikat gigi

Rajin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari akan membuat gigi menjadi lebih putih dan sehat dibandingkan dengan orang yang jarang menyikat gigi. Sebab plak yang mengeras akibat jarang menggosok gigi akan menumpuk sehingga mulut jadi terasa kurang nyaman. Kalau begini, kalian sendiri pun akan susah memberikan senyuman manis yang alami. Menurut drg. Mazen Natour, seorang prosthodontist dari New York, teknik menyikat gigi yang salah seperti menggosok terlalu keras dan penuh tekanan dapat merusak lapisan email gigi dan lapisan dentin. Alhasil, warna gigi malah menjadi kekuningan.

Berhenti merokok

Perokok memiliki warna gigi yang lebih kuning dibandingkan orang yang tidak merokok. Hal ini terjadi karena kandungan nikotin dan tar pada tembakau. Meskipun kadang noda yang diakibatkan dari rokok masih bisa dibersihkan dengan rajin gosok gigi, pada beberapa kasus noda ini meresap ke dalam gigi hingga menempel pada email gigi. Pada perokok berat, warna gigi akan terlihat kecokelatan bahkan menghitam setelah bertahun-tahun merokok. Selain itu, merokok juga bisa merusak kesehatan gusi yang akan memengaruhi tulang serta jaringan lunak di sekitar gigi. Lebih khususnya lagi, kondisi ini bisa mengganggu fungsi normal sel-sel pada gusi yang secara langsung akan mengganggu penampilan.

Gunakan sikat gigi dengan kualitas yang baik

Menyikat gigi dengan rutin sebaiknya diiringi dengan menggunakan sikat gigi yang memiliki kualitas baik. Saat ini sudah banyak dipasarkan berbagai macam sikat gigi yang dilengkapi dengan bulu yang lembut maupun gagang yang nyaman digenggam. Tujuannya untuk memudahkan penggunaannya serta memaksimalkan hasil saat menyikat gigi.

Flossing gigi

Flossing merupakan metode dalam membersihkan gigi dengan menggunakan benang tipis khusus yang diselipkan di antara gigi. Fungsinya untuk membersihkan plak di antara gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Kalian bisa menggunakannya setiap hari untuk membantu mencegah kerusakan gigi dan ginggivitis. Sebab jika dibiarkan terus-menerus, maka plak dan karang gigi akan menumpuk di bawah gusi yang akhirnya menyebabkan penyakit periodontitis (infeksi gusi parah yang disertai dengan kerusakan tulang).

Periksa gigi secara rutin

Periksa kesehatan gigi secara rutin, terlebih saat ada keluhan pada gigi dan mulut. Pasalnya, masalah pada gigi tidak bisa sembuh dengan sendirinya, tapi harus ditangani dokter. Kerusakan yang tidak segera ditangani akan menjadi semakin parah dan menyakitkan. Selain untuk mencegah terjadinya masalah lebih lanjut pada kesehatan gigi, dipastikan kalian juga bisa mendapatkan senyuman manis dan lebih percaya diri dengan gigi yang terawat baik.

Add a Comment