Ini 5 Aktivitas Yang Bisa Memicu Nyeri di Pinggang

Aktivitas Yang Bisa Memicu Nyeri Pinggang

PrimaBerita – Tanpa disadari, ada aktivitas tertentu yang bisa memicu nyeri di pinggang. Nyeri pinggang sendiri merupakan kondisi yang dapat muncul karena dipicu sejumlah aktivitas.

Karena itu hindari aktivitas-aktivitas yang dapat memantik nyeri pinggang agar Anda tetap nyaman berkegiatan. Sebab kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja dalam kehidupan sehari-hari.

Nyeri pinggang ditandai dengan rasa sakit yang muncul di area tulang rusuk paling bawah hingga tulang pinggul. Selain nyeri, keluhan yang muncul dapat berupa kelelahan, kesemutan, hingga tak kuat mengangkat beban berat.

Nyeri pinggang dapat dicegah salah satunya dengan menghindari sejumlah aktivitas yang dapat memicu munculnya rasa sakit.

Berikut beberapa aktivitas yang bisa memicu nyeri pinggang.

1. Terlalu lama duduk

Duduk memberikan tekanan yang lebih besar pada tulang pinggul dibandingkan berdiri. Duduk terlalu lama memaksa tulang pinggul menahan beban tubuh yang berat dan membuat tulang dan otot kelelahan. Kondisi ini dapat memicu nyeri pinggang.

Hindari aktivitas yang membuat duduk terlalu lama seperti menyetir atau bekerja di kantor. Selangi aktivitas duduk dengan berjalan atau peregangan.

2. Membungkuk

Postur tubuh yang tidak benar juga dapat memicu nyeri punggung. Aktivitas yang membentuk postur tubuh yang buruk seperti membungkuk ke depan atau ke samping membuat tulang pinggul bekerja lebih keras.

Selain membungkuk, berputar atau memutarkan badan juga membuat otot dan tulang pinggul bekerja ekstra.

3. Mengangkat beban

Mengangkat beban melibatkan aktivitas yang bertumpu pada cakram tulang belakang. Aktivitas ini memberikan tekanan pada tulang serta rawan mencederai tulang.

4. Menarik dan mendorong

Aktivitas melibatkan gerakan menarik dan mendorong juga bertumpu pada tulang pinggul. Jika hal ini dilakukan berulang-ulang, maka dapat membuat tulang pinggul kelelahan dan berisiko menimbulkan nyeri di area pinggang.

5. Menyapu

Aktivitas rumah tangga seperti menyapu, mengepel, menyetrika, dan mencuci juga melibatkan kerja tulang pinggul untuk menahan beban.

Selingi aktivitas tersebut dengan istirahat yang cukup serta peregangan agar nyeri pinggang tak muncul.

Add a Comment