5 Aktivitas Ini Bisa Jadi Penyebab Sering Merasa Mengantuk

aktivitas penyebab sering mengantuk

PrimaBerita – Setelah melewati hari yang cukup melelahkan, merasa mengantuk sepanjang hari merupakan hal yang normal. Biasanya kondisi ini bisa anda atasi dengan cara istirahat yang cukup. Namun ada pula beberapa aktivitas yang bisa jadi penyebab anda sering merasa mengantuk.

Rasa kantuk yang berlebihan ini dapat mengganggu dan menyulitkan seseorang untuk melakukan aktivitas normal sehari-hari. Selain itu berdampak pula pada kesehatan tubuh.

Berikut 5 Aktivitas yang Bisa Jadi Penyebab Sering Merasa Mengantuk

1. Narkolepsi

Menurut studi dalam jurnal Nature and Science of Sleep, gejala narkolepsi yang paling khas adalah cataplexy, yaitu hilangnya kekencangan otot secara tiba-tiba dengan rangsangan emosional seperti kejutan atau tawa.

Rasa kantuk yang terkait dengan narkolepsi mungkin memerlukan pengobatan dengan stimulan, seperti Ritalin, Provigil, dan Nuvigil.

2. Penggunaan obat-obatan tertentu

Jika anda sedang mengonsumsi obat-obatan dan merasa aktivitas anda jadi terganggu akibat efek sampingnya, segera konsultasikan pada dokter. Dengan demikian, dokter mungkin akan merekomendasikan perubahan obat atau dosis.

Selalu merasa kantuk tentu bisa mengganggu pekerjaan harian anda, terlebih jika hal ini berlangsung dalam waktu lama. Oleh karena itu, jika anda mengalami masalah dengan rasa kantuk yang tidak wajar, anda perlu segera menghubungi dokter untuk mendapatkan solusi atas masalah ini.

3. Kurang tidur pada malam hari

Studi yang The American Academy of Family Physicians Foundation lakukan dengan membatasi orang dewasa yang sehat untuk tidur enam jam per malam. Selama 14 malam berturut-turut menunjukkan gangguan fungsi neurobiologis yang signifikan secara kumulatif. Karena itu, anda perlu menghindari kebiasaan begadang. Sebab, hal ini bisa membuat anda terus mengantuk pada siang hari.

4. Sindrom kelelahan kronis

Sindrom kelelahan kronis adalah suatu kondisi yang membuat individu merasa lelah atau mengantuk. Hal ini juga terkait dengan tidur yang kurang menyegarkan dan sering mengalaminya nyeri sendi dan otot, menurut penelitian dalam Journal of Clinical Sleep Medicine.

Meskipun penyebab sindrom kelelahan kronis tidak sepenuhnya anda pahami, kondisi ini dapat menyebabkan gangguan signifikan pada kehidupan orang yang terkena, salah satunya terus mengantuk dan kurang bersemangat.

5. Gangguan ritme sirkadian

Ritme sirkadian adalah jam alami tubuh yang membantu mengoordinasikan aktivitas dengan waktu terang dan gelap pada lingkungan anda.

Jika terjadi ketidakselarasan waktu ini, bisa jadi anda akan merasa mengantuk pada waktu yang tidak tepat. Misalnya, jika anda memiliki sindrom fase tidur lanjut, anda akan merasa mengantuk pada malam hari sebelum jam tidur tiba. Individu dengan kondisi ini disebut morning larks.

Sebaliknya, dengan sindrom fase tidur tertunda, anda akan kesulitan tidur pada malam hari dan merasa mengantuk pada pagi hari. Individu dengan kondisi ini disebut night owl.

Add a Comment