Tips Memilih Minyak Zaitun yang Baik

PRIMA BERITA – Banyak minyak zaitun yang ada di pasaran, namun kita hendaknya jeli dalam memilih minyak zaitun yang baik. Berikut tips memilih minyak zaitun yang bagus.

Pilih minyak zaitun dengan label “extra virgin olive oil”

Extra virgin olive oil adalah jenis minyak zaitun kualitas yang paling baik. Pasalnya minyak zaitun jenis ini melewati sangat sedikit berbagai proses pengolahan pabrikan, bahkan mungkin tidak sama sekali jadi molekul rasa dan aromanya tetap utuh. Extra virgin olive oil dihasilkan dari proses cold pressing satu kali ekstraksi buah zaitun. Proses ini tidak melibatkan panas dan bahan-bahan kimia. Oleh karena itu, kualitas minyaknya lebih murni, berkelas tinggi, dan mengandung antioksidan paling banyak dibandingkan dengan minyak zaitun jenis lainnya.

Organik lebih baik

Pastikan ada label organik dari USDA atau BPOM, yang menandakan bahwa setidaknya 95 persen minyak zaitun ini dibuat dari buah zaitun yang tumbuh alami tanpa penggunaan pestisida atau pupuk sintetik.

Tertera tanggal produksi dan kedaluwarsanya

Minyak zaitun meski diolah secara alami juga punya tenggang masa pakai optimal. Biasanya keterangan tanggal diproduksi dan masa kadaluwarsa bisa dilihat di label informasi kemasan, di bawah botol, atau di dalam tutup minyak ini. Minyak ini pada dasarnya bisa diproduksi dari mana saja di seluruh penjuru Mediterania — Tunisia, Spanyol, Yunani dan Turki— dan didatangkan ke Italia hanya untuk dikemas. Semakin lama jarak waktu antara panen dan masa pengolahan, akan semakin menurun kualitas akhirnya.

Kemasan menggunakan botol kaca berwarna gelap atau dalam kaleng

Paparan cahaya dan panas dari luar akan merusak komposisi serta cita rasa yang terkandung dalam minyak zaitun. Oleh karena itu, hindari membeli minyak ini yang dikemas dalam botol kaca bening, apalagi botol plastik. Sampai di rumah, simpan botol minyak zaitun di dalam lemari gelap, tidak lembap, terlindungi dari sinar matahari, dan jauh dari kompor.

Lihat nama pabrik atau tempat panen pada kemasan

Biasanya minyak zaitun yang berkualitas akan melampirkan nama pabrik dan perkebunan tempat dibuatnya minyak ini pada label kemasan. Walaupun kalian bahkan tidak tahu cara mengeja perkebunan dan daerah asalnya, tidak masalah. Dilansir dari Real Simple, Nicholas Coleman, spesialis minyak zaitun di Eataly, mengatakan bahwa pencantuman nama pabrik dan perkebunan di label kemasan merupakan jaminan tanda kualitas minyak zaitun. Bahkan, akan lebih bagus lagi jika ada segel atau cap resmi yang menunjukkan bahwa minyak berasal dari suatu wilayah yang mengkhususkan diri dalam produksi minyak, seperti PDO (cap resmi European Union’s official Protected Designation of Origin) atau DOP (segel serupa dari Italia).

Cicip dan cium wanginya

Sebelum menggunakan minyak zaitun ada baiknya cium bau dan cicipi rasanya. Idealnya, minyak buah zaitun yang berkualitas baik tidak menghasilkan bau anyir atau rasa aneh yang tidak sedap. Sebaliknya, bau dan rasa minyak zaitun yang baik itu seharusnya segar.

Simak juga: Tips Mendapatkan Senyuman yang Manis

Add a Comment