Lakukan Pola Makan Sehat Ini Untuk Mencegah Kanker

pola makan sehat mencegah kanker

PrimaBeritaMakanan yang anda konsumsi setiap hari akan memengaruhi banyak aspek kesehatan. Pasalnya makanan merupakan kebutuhan tubuh bahkan bisa juga menjadi pemicu risiko terkena penyakit kronis salah satunya adalah kanker. Untuk itu, anda harus melakukan pola makan sehat untuk mencegah kanker

Kanker adalah salah satu penyakit kronis yang sebagian besar orang takut karena mematikan. Faktanya, pola makan mempengaruhi perkembangan kanker. Oleh sebab itu, memilih makanan yang sehat mampu menurunkan peluang perkembangan kanker.

Jika anda tidak ingin terserang kanker, ada baiknya menerapkan gaya hidup yang sehat termasuk pola makan yang sehat pual.

Berikut Pola Makan Sehat Untuk Mencegah Kanker

Pertahankan Berat Badan Ideal

Apabila indeks massa tubuh (BMI) anda masuk dalam kategori berlebihan atau obesitas. Namun, jika berat badan sudah ideal pastikan untuk mempertahankannya dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang.

Hindari atau Batasi Alkohol

Konsumsi alkohol dianggap sebagai faktor risiko utama penyakit kanker bahkan dalam konsumsi jumlah sedang sekalipun. Batasi minuman beralkohol tidak lebih dari satu minuman per hari untuk wanita dan tidak lebih dari dua minuman per hari untuk pria.

Perbanyak Sayuran, Buah dan Biji-bijian

Kandungan berbagai macam vitamin dan mineral dalam sayuran, buah dan biji-bijian yang berperan mencegah berkembangnya sel-sel kanker. Jadi, pastikan anda menyertakan sayur, buah, dan biji-bijian dalam makanan sehari-hari anda.

Atur Porsi Daging Merah dan Makanan Olahan

Hal ini terutama berlaku untuk daging olahan seperti ham, bacon, dan hot dog. Jika anda menyukai makan makanan ini, sebaiknya konsumsi secukupnya saja. Nikmati porsi kecil daging dan isi sisa piring dengan sayuran, buah-buahan dan biji-bijian.

Batasi Asupan Gula dan Lemak Padat

Batasi asupan makanan yang mengandung tambahan gula dan lemak padat. Makanan-makanan ini cenderung memberikan banyak kalori dan sangat sedikit nutrisinya.

Beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari contohnya, minuman yang dimaniskan dengan gula, makanan ringan, dan makanan cepat saji.

Fokus pada Protein Tumbuhan

Kacang dan lentil adalah sumber protein, serat makanan, zat besi, kalium, dan nutrisi penting lainnya. Protein nabati padat nutrisi lainnya termasuk tahu dan tempe.

Makan lebih banyak protein nabati daripada protein hewani dikaitkan dengan risiko berbagai jenis kanker yang lebih rendah.

Add a Comment