Segudang Manfaat Bayam Hijau

PRIMA BERITA – Siapa sih yang tidak tahu bayam? Makanan hijau yang diingat dalam serial kartun Popeye si Pelaut ini ternyata memiliki banyak manfaat. MenurutĀ Kementerian Kesehatan RI, bayam hijau yang masih mentah memiliki berbagai vitamin dan mineral di dalamnya, seperti vitamin B1 dan B2, Niacin, Beta-Karoten, hingga vitamin C. Tidak hanya itu, kandungan energi dan air di dalamnya pun cukup tinggi, sehingga membuat bayam menjadi sayuran yang bergizi.

Yuk, kita intip apa saja manfaat dari bayam hijau.

Baik untuk penglihatan

Kandungan bayam yang kaya akan beta-karotenlutein, dan xanthene sangat baik untuk penglihatan. Beta-karoten yang ada pada bayam hijau menjadi alasan mengapa sayuran ini sehat untuk mata. Selain itu, bayam hijau juga baik untuk mengurangi rasa gatal di mata, membantu mengobati ulkus mata, dan gangguan mata lainnya. Xanthene dan lutein dalam bayam bertugas sebagai antioksidan yang mencegah terjadinya radikal bebas, yang bisa menyebabkan katarak pada mata. 

Mencegah kanker

Kandungan klorofil yang ada di bayam berperan sebagai penahan efek karsinogenik dari amina heterosilik, seperti yang ditampilkan melalui percobaan hewan. Tidak hanya itu, bayam juga membantu memperlambat pertumbuhan sel tumor.

Memperkuat otot

Bayam sangat berperan penting dalam mengencangkan otot, terutama otot jantung.

Hal tersebut dikarenakan faktor koenzim Q-10 (C0-Q10) yang bertugas sebagai antioksidan untuk membantu memompa darah ke seluruh tubuh karena otot jantung yang lebih kuat tadi. Selain itu, koenzim pada bayam juga mampu mencegah resiko penyakit gagal jantung, hipertensi, dan jantung koroner.

Mengelola diabetes

Antioksidan atau asam alfa-lipoat yang terkandung di bayam juga dapat menurunkan gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah oksidatif. Selain ketiga manfaat tersebut, bayam dengan asam alfa-lipoat ternyata bisa menurunkan resiko neuropati perifer dan otonom pada penyandang diabetes.

Menjaga tekanan darah

Bagi para penderita hipertensi, makan bayam dapat menjadi salah satu alternatif untuk menjaga tekanan darah. Kandungan potasiumnya ternyata dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres pada sistem kardiovaskular. Selain itu, resiko terkena hipertensi pun berkurang karena folat yang menenangkan pembuluh darah.

Add a Comment