Perokok Aktif, Bersihkan Paru-Paru Dengan 7 Cara Mudah Ini

primaberita-bersihkan-paru-paru

Primaberita – Kesehatan paru-paru salah satu organ tubuh yang paling penting untuk diperhatikan. Ada banyak penyakit paru-paru yang bisa menyebabkan kematian, salah satunya kanker paru-paru. Untuk itu bersihkan paru-paru agar penyakit mematikanpun tidak menyerang.

Cara menjaga kesehatan paru-paru, salah satunya dengan menjaga organ tubuh ini dari paparan polutan seperti berhenti merokok. Namun bagaimana jika untuk perokok aktif?

Berikut 7 Cara yang mudah dilakukan untuk bersihkan paru-paru :

1. Minum Secangkir Teh Hijau di Malam Hari

Teh hijau kaya akan zat anti oksidan yang baik untuk melepas racun dalam tubuh, termasuk nikotin.

Minumlah secangkir teh hijau di malam hari, tepat sebelum Anda tidur. Sedikit demi sedikit, kadar racun dalam tubuh akan terbuang pada keesokan hari.

Baca juga : Mudah Ditemukan, 3 Buah Ini Bisa Membunuh Sel Kanker Ganas

2. Minum Secangkir Jahe + Peppermint

Selain menambah cita rasa masakan, jahe juga bagus untuk membersihkan paru karena didalamnya terdapat kandungan antiseptik dan anti bakteri. Apabila racun menghilang, saluran bronkial dapat bekerja secara lancar, demikian pula dengan proses pernapasan. Campurkan peppermint ke dalam segelas jahe agar baunya lebih enak dihirup.

3. Menghirup Uap Air + Minyak Kayu Putih

Meskipun terlihat sangat sederhana, cara yang satu paling ampuh untuk membersihkan paru-paru. Yang perlu Anda lakukan adalah merebus 4 – 5 gelas air, lalu tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih kedalamnya. Setelah mendidih, angkat air rebusan dan tuangkan ke dalam mangkuk besar. Hirup uap air selagi masih panas, lakukan sekali sehari untuk hasil terbaik.

4. Meningkatkan Konsumsi Selenium

Perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan zat selenium seperti telur, ikan salmon, ayam, keju, jamur dan oat. Meningkatnya selenium akan merangsang peningkatan enzim dan Vitamin E dalam tubuh, sehingga paru-paru dapat berfungsi secara maksimal.

Selain itu, selenium juga ampuh mematikan pertumbuhan sel kanker. Bagi penderita kolesterol, sebaiknya mengatur kadar selenium yang dikonsumsi untuk menghindari meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Rajin Berolahraga

Olahraga secara teratur dapat meningkatkan kinerja paru-paru, sehingga paru-paru dapat bekerja maksimal untuk menyalurkan udara ke seluruh bagian tubuh. Olahraga seperti jogging, senam, lari ditempat dan sit up termasuk olahraga termudah yang bisa Anda lakukan di rumah.

Sisihkan waktu di pagi atau sore hari untuk berolahraga setidaknya 15 – 30 menit per hari.

6. Minum Susu Beruang

Tahu susu beruang bear brand, kan? Susu beruang memiliki kadar nutrisi yang cukup tinggi, baik untuk membersihkan paru-paru dan menetralkan kadar racun di dalam tubuh. Hasilnya tubuh menjadi lebih sehat, bugar dan terhindari dari rasa nyeri.

Nutrisi pada susu beruang didapat dari susu sapi murni yang diproduksi melalui tahap sterilisasi yang cukup panjang. Berhubung karena susu beruang tidak tahan lama, segera habiskan susu beruang sesaat setelah Anda membuka tutup kalengnya.

Terkait : Waspadai 7 Gejala Ini, Tanda – Tanda Gangguan Penyakit Liver

7. Konsumsi Bawang Putih secara Teratur

Kandungan allicin pada bawang putih bekerja sebagai antibiotik, sehingga paru-paru terhindar dari infeksi. Selain dikonsumsi oleh penderita paru-paru, barang putih juga dapat dikonsumsi oleh penderita asma untuk memperlancar pernapasan.

Add a Comment