Mengalami Biduran? Berikut Gejala, Penyebab Dan Pengobatannya

primaberita-biduran

Primaberita – Pernah mengalami biduran? Biduran adalah reaksi pada kulit yang ditandai dengan munculnya bentol berwarna kemerahan, disertai rasa gatal. Biduran atau urtikaria dapat muncul di seluruh bagian tubuh dan terkadang muncul secara tiba-tiba.

Ukuran bentol berbeda-beda pada saat muncul. Umumnya biduran akan hilang dengan sendirinya atau diredakan dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun pada beberapa kasus, biduran tidak kunjung hilang setelah beberapa minggu dan berulang. Kondisi ini dapat digolongkan sebagai biduran kronis.

Berikut gejala, penyebab dan pengobatan bagi yang mengalami biduran :

Gejala Biduran

Biduran di kulit terlihat sebagai bercak-bercak, ruam, dan bentol-bentol yang terasa gatal. Bercak ini dapat muncul di bagian tubuh mana pun. Biasanya gejala biduran muncul secara tiba-tiba, kemudian memudar dengan sendirinya dalam waktu sekitar 24 jam, dan tidak memerlukan pengobatan khusus.

Baca juga : Ternyata Wifi Bisa Membunuh Anda Secara Perlahan, Ini 5 Alasannya

Namun, penderita yang mengalami biduran sebaiknya meminta pertolongan medis apabila mengalami salah satu dari gejala berikut:

  • Pusing
  • Bengkak di area mata atau mulut
  • Sesak napas
  • Lemas

Gejala tersebut menandakan reaksi alergi yang parah dan memerlukan penanganan segera. Namun, jika rasa gatal yang dirasakan terkesan ringan, Anda dapat membantu mengurangi gejala biduran dengan beberapa perawatan di rumah.

Penyebab Biduran

Penyebab biduran pada umumnya adalah reaksi alergi terhadap suatu benda atau zat yang mengakibatkan sistem imun mengeluarkan zat histamin. Zat histamin inilah yang menyebabkan timbulnya gejala-gejala biduran.

Selain reaksi alergi, biduran juga dapat timbul akibat stres, reaksi terhadap suhu panas, olahraga, infeksi, atau penyakit tertentu, seperti penyakit tiroid atau kanker.

Pengobatan

Pengobatan terhadap biduran, terutama yang berjenis kronis harus dilakukan dengan menghubungi dokter kulit.

Melansir dari laman American Academy of Dermatology, adapun hal-hal yang dapat dilakukan di rumah saat menderita biduran adalah :

  • Menghindari suhu yang terlalu panas
  • Mengenakan baju longgar
  • Mengompres dengan es yang dibungkus kain ke bagian kulit yang gatal beberapa kali sehari. Namun, jika dingin adalah penyebab biduran, langkah ini tidak perlu dilakukan
  • Gunakan obat anti gatal yang dapat dibeli tanpa resep seperti antihistamin
  • Cegah kulit kering dengan menggunakan pelembab bebas aroma beberapa kali sehari Pencegahan Perubahan pada gaya hidup dapat membantu seseorang untuk tidak terkena biduran lagi di kemudian hari.

Terkait : Perhatikan Gejala Dan Penyebab Penyakit Malaria, Bisa Mengakibatkan Kematian

Jika anda memiliki alergi dan mengetahui sumber alergi, menghindari faktor tersebut adalah salah satu cara. Selain itu, menghindari lingkungan-lingkungan dengan kelembaban tinggi atau tidak mengenakan baju ketat juga dapat dijadikan upaya pencegahan biduran.

Add a Comment