6 Obat Sakit Gigi Yang Paling Ampuh

PrimaBerita – Untuk meredakan sakit gigi yang anda alami, anda bisa makan obat sakit gigi yang paling ampuh. Sakit gigi pasti pernah setiap orang merasakannya. Tidak hanya memberikan efek ngilu saat makan, sakit gigi juga bisa menyebabkan sakit kepala dan badan meriang karena demam. U

Berikut 6 Obat Sakit Gigi Yang Paling Ampuh

1. Hidrogen peroksida 3%

Hidrogen peroksida adalah antiseptik cair yang sering sebagai obat kumur untuk membunuh bakteri serta kuman penyebab terjadinya masalah gigi dan gusi termasuk seriawan juga radang gusi.

Obat ini bisa mengobati sakit gigi dengan cara mengeluarkan oksigen yang dapat menjadi busa untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan area kulit yang terluka.

Larutkan hidrogen peroksida dengan air, lalu kumur-kumur selama 30 detik dan buang. Kemudian kumur-kumur lagi dengan air bersih. Ingat, cairan hidrogen peroksida harus dilarutkan dulu karena bentuk murninya bisa melukai mulut dan gusi.

2. Paracetamol

Mengutip hasil studi jurnal Annals of Maxillofacial Surgery, obat ini juga bisa membantu meredakan sakit gigi terutama untuk rasa nyeri yang terjadi setelah cabut gigi.

Paracetamol bekerja dengan menghambat produksi prostagladin pada otak sehingga mampu menghentikan rasa sakit.

Paracetamol juga dapat menurunkan demam dan meringankan sakit kepala yang sering muncul akibat sakit gigi. Untuk mengonsumsi obat ini, sebaiknya perhatikan dosisnya.

3. Ibuprofen

Sama seperti paracetamol, ibuprofen juga tergolong NSAID yang bisa mengobati sakit gigi dan masalah penyerta lainnya. Namun, hindari minum ibuprofen saat perut kosong karena akan melukai lambung.

Ibuprofen diklaim dapat bekerja dengan baik untuk sakit gigi karena mampu mengurangi masalah peradangan. Hal ini umum terjadi ketika terjadi nyeri pada gigi Anda.

Ibuprofen merupakan jenis obat generik yang tersedia dalam berbagai merk, seperti Brufen, Proris, Arfen, Advil, Motrin, dan masih banyak lagi.
Obat ini bisa menimbulkan efek samping ringan hingga berat. Beberapa efek samping ringan dari obat ini meliputi mual, muntah, perut kembung, gugup, sakit kepala, telinga berdenging, dan gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare.

Sementara efek samping cukup berat yang perlu diwaspadai adalah nyeri dada, sesak napas, feses berwarna hitam/berdarah, urin berwarna gelap, serta kulit dan mata menguning. Jika Anda mengalami efek samping, segera hentikan pemakaian obat ini dan hubungi dokter.

Ketika sakit gigi sudah hilang, segera hentikan penggunaan obat ini. Sebab, ibuprofen tidak boleh dikonsumsi dalam jangka panjang.

4. Naproxen

Naproxen adalah obat pereda nyeri yang juga sering digunakan untuk mengobati sakit gigi. Obat sakit gigi ini tersedia dalam bentuk tablet dengan dosis 220 mg. Contoh merek obat naproxen adalah Xenifar.

Beberapa efek samping umum yang sering kali terjadi jika meminum obat ini adalah sakit perut, mulas ringan, diare, sembelit, perut kembung, sakit kepala, kulit gatal dan memerah, serta penglihatan kabur.

5. Benzocaine

Sebenarnya benzocaine adalah obat anestesi lokal yang bekerja dengan cara memblokir sinyal saraf di tubuh Anda.

Ada pula benzocaine topikal yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit atau ketidaknyamanan sehingga kulit atau permukaan di dalam mulut jadi mati rasa.

Menurut Drugs.com, efek samping yang mungkin timbul akibat obat benzocaine antara lain:

Bibir, kuku, dan telapak tangan berubah warna menjadi kebiruan
Urine berwarna gelap
Susah bernapas
Pusing
Sakit kepala
Demam tinggi
Mual
Kulit pucat
Detak jantung cepat
Sakit tenggorokan
Luka yang tidak biasa
Rasa lelah yang tidak biasa
Muntah
Kondisi semakin parah, terjadi iritasi, pembengkakan, atau area mulut berubah kemerahan
Tidak semua orang mengalami efek samping seperti yang disebutkan di atas. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, sebelum menggunakan jenis obat yang satu ini.

6. Dekongestan

Tidak hanya karena kerusakan gigi, sakit gigi juga bisa disebabkan kondisi kesehatan lain seperti sinusitis. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengobati infeksi yang terjadi sebaik mungkin.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan dekongestan seperti semprotan hidung, tetes, atau pun yang berbentuk tablet. Cara ini mampu membantu redakan hidung tersumbat karena cara kerjanya adalah membatasi aliran darah ke rongga sinus sehingga sinus pun menyusut.

Namun, apabila sinus Anda sudah sembuh sedangkan sakit gigi masih terasa, segera temui dokter untuk mendapatkan perawatan.

Jika anda mengalami sakit gigi yang parah dan anda berdomisili wilayah kota Medan segera kunjungi Praktek drg Sherley Ganda, Jl. S. Parman No.64 B, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan.

Add a Comment