Selain dari Faktor Makanan! Ini Penyebab Utama Kolestrol Tinggi

PrimaBerita – Kolestrol tinggi erat kaitannya dengan pola makan tidak sehat.  Faktanya, masalah kesehatan yang bisa berujung terhadap penyakit jantung dan pembuluh darah ini memang banyak pemicunya.

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi lemak jahat, makanan bersantan, hingga daging-dagingan memang bisa meningkatkan risiko terkena masalah kolestrol tinggi yang berbahaya. Berikut adalah berbagai penyebab selain faktor makanan:

Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan dikenal sebagai penyebab utama berbagai macam penyakit kronis yang berbahaya. Selain kolestrol tinggi, cukup banyak kasus diabetes, hipertensi, hingga masalah kardiovaskular lainnya yang ternyata juga bisa disebabkan oleh kondisi ini.

Khusus untuk masalah kelebihan berat badan, hal ini memang bisa saja terkait dengan pola makan yang buruk, khususnya yang tinggi lemak jahat dan kalori sehingga tak hanya membuat berat badan naik, namun juga memicu kelebihan kadar kolestrol jahat yang berbahaya.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu menjaga pola makan yang sehat, khususnya dalam hal memperbanyak asupan sayur dan buah-buahan demi menjaga berat badan tetap ideal demi mencegah masalah kolestrol tinggi. Jika memang berat badan sudah berlebihan, tak ada salahnya menerapkan diet sehat untuk menurunkannya.

Sering stres

Jangan salah, stres bisa berakibat terhadap berbagai masalah kesehatan fisik yang serius. Apabila terjadi peradangan di dalam tubuh akibat hal ini, maka proses peningkatan kadar kolestrol jahat pun akhirnya meningkat dengan signifikan. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menerapkan gaya hidup sehat demi mengatasi stres yang sedang dialami.

Kurang olahraga

Gaya hidup masyarakat modern membuat semakin banyak orang yang kurang bergerak. Masalahnya adalah hal ini bisa memicu datangnya berbagai macam masalah kesehatan.

Tak hanya berat badan yang naik dengan signifikan, kurang gerak juga akan meningkatkan risiko terkena masalah kolestrol tinggi dengan drastis. Karena alasan inilah sebaiknya kita mulai lebih aktif demi mencegah datangnya masalah kesehatan ini.

Baca juga: Duduk Di Rumah Mendapatkan Uang? Yang Benar Saja

Add a Comment