Ini Bedanya Sakit Kepala, Migrain, dan Vertigo

beda sakit kepala dan migrain

PrimaBerita – Sakit kepala, migrain, dan vertigo seringkali dianggap sama namun sebenarnya kondisi-kondisi tersebut memiliki perbedaan. Salah seorang dokter spesialis saraf mengatakan bahwa terdapat perbedaan yang jelas antara sakit kepala dan juga pusing yang mengarah ke vertigo. Sejalan dengan hal tersebut, berbeda kondisi maka tatalaksana pengobatannya pun juga tentu berbeda.

Mengutip dari wikipedia, sakit kepala adalah suatu kondisi yang terdapatnya rasa sakit dalam kepala, kadang pada belakang leher ataupun punggung bagian atas.

Sementara migrain adalah gangguan kronis yang bertanda sakit kepala ringan hingga sangat berat dan sering kali berhubungan dengan gejala-gejala sistem saraf otonom.

Lalu vertigo merupakan salah satu bentuk sakit kepala yang mana penderitanya mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya (gerakan berputar atau melayang). Agar lebih jelasnya, berikut tersaji berbedaan sakit kepala, migrain, dan vertigo untuk anda ketahui.

  • Gejala-gejala

Gejala-gejala sakit kepala, migrain, dan vertigo memiliki perbedaan antara lain:

– Gejala Sakit Kepala

Gejala sakit kepala yang paling umum yaitu terasa nyeri pada bagian kepala, yang mana bisa pula menyebar ke wajah, leher, hingga bahu. Kondisi lainnya penglihatan penderita juga menjadi buram serta lebih sensitif terhadap cahaya.

– Gejala Migrain

Gejala-gejala migrain dapat berupa sakit kepala parah dan terjadi secara berulang. Biasanya kondisi ini kerap membuat seseorang tidak nyaman dan tidak bisa melakukan aktivitas secara normal. Tingkatan rasa sakit dan keberlangsungannya juga bervariasi.

– Gejala Vertigo

Penderita vertigo merasa dirinya seolah-olah bergerak atau berputar. Bahkan benda pada sekitarnya juga seolah ikut bergerak atau berputar.

  • Penyebab

– Sakit Kepala

Biasanya yang menjadi penyebab sakit kepala adalah kurang tidur, stres, kelelahan, kelaparan, dan juga karena adanya perubahan cuaca. Namun sakit kepala bisa juga terjadi lantaran mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.

– Migrain

Hingga sejauh ini penyebab utama migrain belum terketahui secara pasti. Namun meski demikian penyakit ini cukup erat berhubungan dengan gabungan faktor lingkungan dan genetik.

– Vertigo

Secara umum berdasarkan penyebabnya, vertigo terbagi ke dalam 2 bagian yakni perifer dan sentral. Vertigo perifer lebih sering terjadi dan penyebabnya oleh karena gangguan pada telinga bagian dalam. Sedangkan vertigo sentral memiliki penyebab karena adanya gangguan pada otak atau sistem saraf pusat.

Add a Comment