Ini Penyebab Penyakit Paru-paru Basah, Hindari Segera !

penyebab penyakit paru-paru basah

PrimaBeritaPneumonia atau paru-paru basah yang istilahnya merujuk pada penyakit radang paru-paru. Mengetahui penyebab penyakit paru-paru basah ini sangat penting agar anda tahu melakukan upaya untuk menghindarinya. Jika fungsi paru-paru terganggu makan bisa menyebabkan kesulitan untuk bernafas.

Menurut Wikipedia, pneumonia terjadi akibat adanya inflamasi atau peradangan pada salah satu atau kedua organ paru-paru. Penyakit ini bisa berakibat fatal jika tidak segera anda obati. Penderita paru paru basah sebagian besar tidak dapat tertolong dan kebanyakan berakhir dengan kematian. Sulitnya mengenali gejala maupun penyebabnya menjadi pemicunya.

Penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini terjadi karena adanya infeksi dari salah satu bagian ataupun seluruh bagian paru-paru. Penyebab penyakit paru-paru basah bisa terjadi karena berbagai macam faktor.

Penderita penyakit ini memiliki kantung udara yang penuh cairan dalam paru parunya. Kondisi ini tentunya akan mengganggu kinerja dari sistem pernapasan. Penderita pun akan mengalami kesulitan untuk bernafas. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab penyakit yang satu ini.

Berikut Penyebab Penyakit Paru-paru Basah, segera hindari :

Virus

Virus biasanya akan menyerang anak-anak kecil dan balita. Tnda atau gejala awal penyakit ini antara lain dengan menurunnya nafsu makan. Selain itu mulai terjadinya gangguan sistem pernapasan dengan penderita yang kesulitan bernafas atau mengalami batuk..

Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan menjaga kebersihan tubuh, dengan selalu mencuci tangan sebelum makan atau setelah beraktivitas luar rumah. Selain itu juga dengan meminum multivitamin.

Virus RSV

Penyebab penyakit paru-paru basah yang paling utama dan sering terjadi adalah karena penderita terjangkit virus RSV. Jenis virus ini paling banyak menyerang anak-anak dan balita.

Gejalanya seperti pada umumnya penderita paru-paru basah yang lainnya. Karena hal ini, maka tindakan pencegahan yang tepat adalah salah satunya dengan vaksinasi.

Sangat penting juga untuk tidak membiarkan anak sembarangan berinteraksi dengan orang baru atau orang asing. Termasuk dekat dengan orang yang sedang dalam kondisi batuk parah serta flu.

Bakteri

Bakteri akan masuk ke dalam paru-paru melalui saluran pernapasan saat udara yang masuk sudah terkontaminasi oleh bakteri penyakit ini. Gejala awalnya adalah sesak nafas juga adanya rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu. Jika kondisi ini terus berlanjut, maka parahnya adalah akan terasa sakit pada bagian kepala tertentu.

Cara menghindarinya adalah dengan selalu menjaga kebersihan diri apalagi setelah anda keluar rumah.

Jamur

Biasanya jamur Pneumocystis tidak akan menjangkit pada orang yang tidak terkena virus AIDS. Karena orang yang sudah positif AIDS sangat rentan untuk terkena paru-paru basah dengan infeksi jamur sebagai penyebabnya.

Untuk orang pada umumnya, jamur ini memang tidak terlalu berbahaya. Akan tetapi akan dapat menimbulkan efek yang buruk serta agresif dan juga berbahaya pada paru-paru untuk penderita HIV/AIDS. Sebaiknya rutin periksakan diri ke dokter.

Add a Comment