Gampang ! Begini Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Kena Hack

cara mengembalikan akun Whatsapp hack

PrimaBerita – Meski aplikasi perpesanan yang satu ini memiliki sistem keamanan dan privasi yang baik namun WhatsApp sering menjadi target peretasan atau hack. Jika terjadi pada anda, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan akun WhatsApp yang kena hack.

Berikut Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Kena Hack :

Uninstall WhatsApp kemudian install kembali

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah uninstall WhastApp kemudian instal kembali. Hal ini bertujuan untuk merebut kembali akun anda dari smartphone si hacker.

Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan :

  • Uninstall aplikasi WhatsApp yang ada pada smartphone anda.
  • Install kembali dengan mengunduhnya lewat Play Store atau App Store
  • Log in ke akun anda seperti biasa
  • Masukkan kode OTP yang telah terkirim ke nomor telepon anda.
  • Jika diminta, masukkan PIN verifikasi yang telah anda buat sebelumnya.
  • Setelah berhasil melakukan cara ini, akun anda yang digunakan oleh hacker akan keluar secara otomatis. Sebab WhatsApp hanya bisa terpakai pada satu akun saja.

Segera Lapor ke WhatsApp

Anda tidak perlu panik jika langkah pertama tidak berhasil anda lakukan. Karena anda masih bisa melapor ke WhatsApp langsung. Dengan begitu, aplikasi tersebut tahu bahwa akun anda tidak berada pada tangan yang benar. Langkah ini penting untuk mengaktifkan kembali akun WhatsApp.

Hubungi WhatsApp melalui email support@whatsapp.com. Buatlah laporan kehilangan, pastikan anda mencantumkan “Lost/Stolen” pada subjek email. Sementara pada body email, nyatakan bahwa anda meminta agar akun dideaktivasi. Nyatakan dalam Bahasa Inggris agar WhatsApp merespons email anda dengan cepat.

Deaktivasi sama dengan menghapus akun WhatsApp. Dengan begitu, baik anda maupun hacker tidak bisa mengaksesnya. Cara ini cenderung lebih aman daripada membiarkan akun anda berada pada tangan oknum tak bertanggung jawab

Mengaktifkan kembali WhatsApp

Anda bisa mengaktifkan kembali akun WhatsApp anda dalam nomor yang sama tetapi dengan akun email yang berbeda setelah deaktivasi. Anda juga bisa mengajukan permohonan ini kepada WhatsApp melalui email yang sama.

Melansir The Quint, biasanya WhatsApp akan memberikan enam digit kode yang harus anda masukkan saat anda registrasi kembali. Setelah itu, pastikan anda mengamankan akun anda dengan cara-cara poin selanjutnya.

Cara membuat akun WhatsApp lebih aman agar terhindar dari serangan hacker

Berikut sejumlah metode yang sebaiknya anda lakukan agar terhindar dari hacker :

  • Jangan pernah membagikan kode OTP kepada orang lain.
  • Aktifkan fitur two-step verification yang ada pada Settings. Dengan begitu, kita harus memasukkan enam digit PIN secara berkala dan saat ingin log in;
  • Selalu cek perangkat apa saja yang terdaftar pada WhatsApp Web anda. Segera log out ketika ada perangkat yang bukan milik anda;
  • Sebaiknya hindari membuka WhatsApp ketika menggunakan Wi-Fi publik yang tidak terpercaya;
  • Jangan membuka link mencurigakan, terutama dari orang yang tidak anda kenal.

Add a Comment