Ini Penyebab Laptop Bisa Mati Sendiri, Jangan Panik

Penyebab Laptop Mati Sendiri

PrimaBerita – Saat anda sedang sibuk mengerjakan sesuatu hal dalam laptop anda namun tiba-tiba mati sendiri. Jangan panik terlebih dahulu, ketahui penyebab laptop tersebut bisa mati sendiri agar cara mengatasinya bisa anda lakukan.

Penyebab laptop mati sendiri memang terkadang tak banyak yang mengetahui oleh banyak penggunanya. Hal ini yang dapat membuat timbulnya ketidakpuasan pengguna terhadap suatu produk. Padahal, jika diketahui dengan tepat maka penyebab laptop mati sendiri akan dapat diatasi dengan mudah.

Berikut Penyebab Laptop Bisa Mati Sendiri :

Masalah Baterai

Hal ini bisa terjadi setelah penggunaan laptop yang lama, atau pengisian daya yang berlebihan.

Cara Untuk Mengatasinya

Jika laptop tiba-tiba mati sendiri, hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan menguji baterai Anda apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Jika tidak, maka Anda benar-benar perlu membeli baterai baru.

Pastikan baterai memiliki ampere yang sama dengan yang laptop butuhkan , jika tidak, laptop Anda mungkin bermasalah lagi saat anda gunakan.

Terlalu Panas

Sebuah studi menunjukkan bahwa penyebabnya, 9 dari 10 kasusnya terkait dengan masalah overheating atau laptop yang terlalu panas. Selain itu, masalah pendinginan perangkat keras atau masalah debu yang menempel pada prosesor juga dapat menjadi penyebabnya.

Biasanya ini bisa terjadi pada laptop yang sudah lama tidak orang pakai. Dalam hal ini, laptop menjadi panas dan kipas dalamnya melemparkan udara yang sangat panas.

Cara Mengatasinya

Cara yang bisa anda lakukan adalah terapkan pasta pendingin pada prosesor. Namun, jangan menerapkannya sendiri, sebaiknya perbaiki masalah ini dengan orang yang sudah ahli pada bidangnya atau service laptop. Atau anda juga bisa memeriksa kipasnya, dan ganti ke yang baru jika bermasalah.

Kegagalan Perangkat Keras

Mungkin  kegagalan komponen perangkat keras seperti RAM, CPU, motherboard, power supply dan video card bisa terjadi karena perangkat yang tak kompatibel. Bisa juga pada kasus lain, kegagalan perangkat keras dapat terjadi karena perangkat yang sudah usang dan perlu anda ganti.

Cara Mengatasinya

Anda harus pergi dan minta laptop Anda  untuk pusat layanan yang ahli dalam bidangnya untuk memeriksanya. Hal ini untuk mengetahui letak kerusakan hardware secara tepat.

Kesalahan Pada Sistem Operasi

Jika Anda telah mengutak-atik sistem operasi Anda atau telah mengubah driver pada laptop Anda, hal ini juga merupakan salah satu penyebab laptop mati sendiri, terutama jika Anda bermain-main dengan BIOS. Kesalahan pada driver selalu dapat mematikan laptop sepenuhnya.

Cara Untuk Mengatasinya

Driver tampilan AMD atau AMD Catalyst Suite merupakan dua jenis driver tampilan umum yang telah dikenal sering mengalami crash. Untuk mengetahui driver yang crash, saat laptop Anda nyala kembali, lihat apakah Anda memiliki file dump di bagian atas posting kerusakan. File-file ini akan memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui.

Adanya Virus Komputer

Penyebab laptop mati sendiri yang terakhir adalah laptop yang terserang virus. Beberapa virus komputer benar-benar akan mematikan laptop dengan sendirinya, meskipun dapat dinyalakan kembali.

Virus-virus ini biasanya diaktifkan oleh aktivitas tertentu yang Anda lakukan di laptop , seperti mengunduh file atau membuka program tertentu.

Cara Untuk Mengatasinya

Untuk memastikan Anda memiliki pertahanan terbaik melawan virus, pastikan Anda menjalankan program anti-virus dengan latar belakang yang bagus. Bersihkan laptop Anda dari virus dengan anti-virus yang ada

Add a Comment