Cara Mengatasi Darah Rendah dengan Mudah dan Cepat

cara mengatasi darah rendah

PrimaBerita – Hipotesi atau tekanan darah rendah dapat berubah sepanjang hari karena tubuh manusia secara konstan menyesuaikan dan menyeimbangkan tekanan darah. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi darah rendah dengan mudah dan cepat.

Tekanan darah rendah mungkin tidak menyebabkan gejala apa pun atau menjadi perhatian serius. Bahkan tekanan darah saja bisa berubah dengan posisi tubuh. Misalnya, jika Anda berdiri tiba-tiba, itu mungkin akan jatuh seketika. Namun ada beberapa kondisi yang bisa anda anggap serius.

Berikut beberapa cara mengatasi darah rendah dengan mudah dan cepat :

Minum Banyak Air

Melansir dari Healthline, dehidrasi terkadang dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Beberapa orang mungkin mengalami hipotensi bahkan dengan dehidrasi ringan.

Dengan banyak minum air purih dapat memperbanyak cairan tubuh. Dehidrasi juga bisa muncul akibat kehilangan air terlalu cepat. Baik melalui muntah, diare parah, demam, olahraga berat, dan keringat berlebih.

Makan dalam Porsi Kecil

Anda bisa mencegah tekanan darah rendah dengan makan dalam porsi kecil sesering mungkin sepanjang hari. Ini karena makanan kecil membantu mencegah penurunan tekanan darah yang terkait dengan makan lebih banyak.
Selain itu, membatasi karbohidrat dapat membantu menjaga tekanan darah lebih stabil setelah makan.

Kenakan Stoking Kompresi

Mengenakan stoking akan membantu meringankan hipotensi ortostatik atau postural yang merupakan tekanan darah rendah. Karena berdiri terlalu lama, berbaring lama, atau terlalu banyak duduk.

Hipotensi ortostatik atau pusing saat beranjak dari duduk atau berbaring, lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Mengutip dari Healthline, itu terjadi pada 11 persen orang paruh baya dan 30 persen orang dewasa yang lebih tua.

Makan Makanan yang Seimbang

Dengan makan makanan yang seimbang maka nutrisi dalam tubuh juga akan seimbang. Tekanan darah rendah dan efek samping lain bisa terjadi jika Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi.

Kadar vitamin B-12 yang rendah, asam folat, dan zat besi dapat menyebabkan anemia. Hingga mampu menurunkan tekanan darah. Kondisi ini terjadi ketika tubuh Anda tidak dapat menghasilkan cukup darah. Cukupi kebutuhan nutrisi seimbang sesuai usia Anda.

Makan Lebih Banyak Garam

Mengutip dari Medical News Today, diet rendah natrium tidak baik untuk semua orang dengan masalah tekanan darah. Orang dengan tekanan darah rendah sebaiknya mempertimbangkan untuk meningkatkan asupan natrium atau garam.

Batasi atau Hindari Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol dapat menurunkan tekanan darah lebih lanjut. Karena menyebabkan dehidrasi. Serta berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, dan menyebabkan tekanan darah rendah semakin serius.

Silangkan Kaki Sambil Duduk

Menyilangkan kaki sambil duduk terbukti meningkatkan tekanan darah. Bagi penderita tekanan darah tinggi, ini bisa menjadi masalah. Terdengar sederhana, tapi bagi orang dengan gejala hipertensi, menyilangkan kaki ini dapat membantu meningkatkannya lagi. Baik duduk di kursi maupun di lantai.

Add a Comment