Waspadai, Sesak Napas yang bisa Mengancam Nyawa

Sesak napas mengancam nyawa

PrimaBerita –  Gejala sesak napas bisa terjadi karena sakit maag namun gejalan ini juga bisa juga penderita serangan jantung alami. Untuk itu sangat penting mengenali sesak napas yang bisa mengancam nyawa.

Sakit maag atau secara medis dengan istilah dispepsia adalah rasa nyeri dan perih pada ulu hati atau perut terasa tidak nyaman setelah makan.  Penyebab hal ini bisa karena berbagai kondisi, seperti penyakit asam lambung, tukak lambung, radang pankreas (pankreatitis), atau bahkan gaya hidup tidak sehat, seperti sering minum minuman beralkohol, merokok, atau terlalu banyak konsumsi makanan pedas dan berlemak.

Gangguan pencernaan akibat sakit maag ini bisa menimbulkan beberapa gejala, salah satunya adalah sesak napas atau nafas terasa berat. Akan tetapi, gejala ini juga bisa menandakan adanya suatu kondisi yang berbahaya, yaitu serangan jantung.

Penderita maag biasanya merasakan nyeri sekitar perut bagian atas (nyeri ulu hati) atau dada. Bisa muncul gejala lain seperti mual, perut terasa penuh, dan banyak bersendawa. Sebagian penderita maag merasakannya setelah makan dan sebagian lagi saat terlambat makan.

Sesak napas karena maag terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan dan masuk ke tenggorokan dan paru-paru, sehingga saluran pernapasan membengkak dan membuat sulit bernapas. Kondisi ini merupakan salah satu gejala yang harus segera anda obati.

Selain itu, langkah penanganan juga perlu segera anda lakukan jika gejala sakit maag yang muncul tergolong berat, berlangsung lama, ataudisertai dengan gejala lain, seperti:

  • Muntah (terutama muntah darah)
  • Berkeringat dingin
  • Penurunan berat badan
  • Tidak nafsu makan
  • Mata atau kulit berwarna kuning
  • Warna tinja lebih gelap

Waspadai Sesak Napas yang Mengancam Nyawa

Para penderita serangan jantung sesak nafas biasanya bersamaan dengan rasa nyeri yang kuat pada bagian dada. Easa sakit ini juga membuat dada terasa berat seperti tertekan atau tertindih bahkan bisa menyebar hingga perut bagian atas, bahu, punggung, tenggorokan, lengan, dan rahang.

Selain itu, sesak napas pada serangan jantung juga bisa dengan kondisi detak jantung tidak beraturan atau lebih cepat dari biasanya. Sesak napas yang muncul akibat serangan jantung adalah kondisi berbahaya yang perlu segera dokter tangani karena apabila terlambat anda obati, serangan jantung dapat menyebabkan kematian.

Beberapa gejala sakit maag memang mirip dengan gejala serangan jantung. Oleh sebab itu, keluhan tersebut perlu segera periksakan ke dokter agar dapat penyebabnya bisa anda pastikan.

Selain akibat maag dan serangan jantung, sesak napas juga bisa terjadi karena COVID-19 atau infeksi virus Corona, terlebih jika sesak napas muncul beserta gejala batuk dan demam.

Add a Comment