Awas ! Gejala Sakit Perut Ini Perlu Anda Waspadai

gejala sakit perut

PrimaBerita – Sakit perut merupakan masalah yang perlu anda waspadai meski sangat umum terjadi karena banyak kondisi yang dapat menyebabkan sakit perut. Namun ada beberapa gejala sakit perut yang perlu anda waspadai.

Karena meski tergolong masalah yang ringan, sakit perut terkadang juga bisa menjadi pertanda masalah yang lebih serius.

Berikut Gejala Sakit Perut Ini Perlu Anda Waspadai :

SAakit Perut dengan Diare Berdarah

Gejala ini bisa menjadi pertanda infeksi bakteri, seperti Salmonella, Shigella, Campylobacter, atau E Coli. Infeksi bakteri ini juga umumnya menyebabkan demam.

Penyebabnya bisa beragam seperti mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak higienis atau sedang berinteraksi dengan seseorang yang mengidap infeksi tersebut. Infeksi bakteri ini bisa menyebabkan penyakit radang usus, seperti kolitis ulseratif, kondisi kronis, terkadang melemahkan yang menyebabkan peradangan dan luka pada lapisan dalam usus besar jika tidak segera anda obati.

Sakit Perut dengan muntah

Gejala ini juga bisa menjadi tanda infeksi salmonella, shigella, campylobacter, atau E.coli. Namun, gejala-gejala ini juga dapat terjadi karena gastroenteritis akut atau flu perut.

Gastroenteritis adalah peradangan pada lapisan usus yang penyebabnya adalah virus, bakteri, atau parasit. Meskipun sulit untuk membedakan antara keracunan makanan dan flu perut, satu pembeda utama adalah gastroenteritis biasanya tidak menyebabkan diare berdarah, sementara keracunan makanan dapat menyebabkan diare berdarah.

Rasa Sakit Menjalar ke Punggung

Apabila rasa sakit tidak kunjung menghilang dan mulai menyebar ke punggung, ini dapat mengindikasikan sesuatu yang serius seperti pankreatitis akut atau kolesistitis.

Biasanya bermula pada perut bagian atas dan dapat meluas ke punggung. Sementara itu, pankreatitis umumnya dengan gejala demam, mual, muntah, detak jantung yang lebih cepat dan perut yang bengkak atau nyeri.

Sedangkan kolesistitis, rasa sakit biasanya mulai muncul pada perut kanan atas atau tengah sebelum menyebar ke bahu kanan atau punggung. Kolesistitis juga dapat menyebabkan mual, muntah, demam, dan nyeri perut.

Rasa Sakit Pada Perut Kanan Bawah

Gejala ini bisa jadi pertanda apendisitis atau peradangan usus buntu. Rasa sakit sering pada sekitar pusar sebelum pindah ke perut kanan bawah. Selain itu, rasa sakit juga bisa bertambah buruk saat bergerak, menarik napas dalam-dalam, batuk, atau bersin dan dengan gejala seperti demam, mual dan muntah, sembelit dan bengkak.

Sakit Saat BAK

Rasa sakit biasanya datang dan pergi dan mungkin bergerak ke arah selangkangan. Bisa sangat hebat sehingga bisa menyebabkan mual, muntah, dan kedinginan. Gejala batu ginjal lainnya adalah urine berwarna merah karena mengandung darah.

Kram Perut Bagian Bawah

Gejala ini mungkin pertanda sindrom iritasi usus besar yang dapat menyebabkan usus menjadi lebih sensitif dan mengubah cara otot-otot pada usus berkontraksi. Alhasil, kondisi ini menyebabkan berbagai masalah, seperti sakit perut terus-menerus, kembung, diare, sembelit, dan banyak lagi.

Kram perut yang menghilang setelah buang air besar juga bisa menjadi tanda sembelit. Karena sindrom iritasi usus dapat menyebabkan sembelit, keduanya terkadang sulit anda bedakan.

Rasa Sakit Intens dan Memburuk setiap Tahun

Jika sakit perut semakin memburuk bisa menjadi tanda endometriosis. Endometriosis terjadi ketika jaringan yang melapisi rahim tumbuh di luar rahim atau pada organ lain.

Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, lebih sakit dari kram menstruasi. Endometriosis juga bisa menimbulkan sakit saat BAK, nyeri kronis pada punggung bawah dan panggul, dan nyeri saat berhubungan intim.

Sakit Tajam pada Sisi Panggul

Apabila rasa sakit menjadi tajam di satu sisi panggul dan diikuti dengan nyeri tumpul di perut bagian bawah, hati-hati hal tersebut bisa menjadi pertanda kista ovarium yang pecah. Kista ovarium adalah massa (biasanya non-kanker) yang sering terbentuk dari folikel (kantung berisi telur cairan).

Add a Comment