Awas ! Dampak Radiasi Handphone bagi Kesehatan

dampak radiasi handphone bagi kesehatan

PrimaBerita –  Handphone atau telepon genggam saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia dalam sehari-hari. Bahkan handphone ini sulit terpisahkan pasalnya memiliki peran yang penting apalagi pada masa pandemi ini. Namun tahukah anda dampak radiasi handphone bagi kesehatan?.

Handphone merupakan perangkat elektronik yang bekerja dengan menggunakan gelombang radio. Gelombang tersebut dapat menghasilkan radiasi dan menyebar ke segala arah, termasuk tubuh penggunanya.

Meski begitu, radiasi handphone berbeda dengan radiasi yang  perangkat lain hasilkan, seperti sinar-X dalam foto Rontgen dan CT scan. Perangkat tersebut sudah pasti berbahaya jika terlalu sering terpapar.

Berikut Dampak Radiasi Handphone bagi kesehatan :

Risiko terjadinya kanker meningkat

Keterkaitan antara radiasi handphone dan kanker masih kontroversial. Hingga kini, belum ada bukti kuat yang menyatakan bahwa radiasi handphone dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mendukung kesimpulan tersebut.

Tingkat kesuburan pria Menurun

Kebiasaan memasukkan HP kedalam saku celana bisa berdampak pada menurunnya tingkat kesuburan pria. Hal ini dapat terjadi karena radiasi handphone dapat memengaruhi kualitas sperma.

Namun, pengaruh radiasi handphone terhadap tingkat kesuburan pria masih berupa dugaan dan perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

Ibu Hamil Mengalami Kelahiran Prematur

Ada dugaan bahwa ibu hamil yang terpapar radiasi handphone berisiko mengalami kelahiran prematur. Namun, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, karena bayi yang terlahir prematur bisa saja karena faktor lain selama kehamilan.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa radiasi handphone tidak memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan janin. Namun, sebagai langkah pencegahan, ibu hamil sebaiknya menggunakan hands-free ketika menerima telepon dan jangan meletakkan handphone tepat pada perut.

Pengaruhnya terhadap tumbuh kembang anak

Sistem saraf anak-anak masih berkembang dan lebih rentan terhadap efek gelombang elektromagnetik oleh karena itu anak-anak rentang mengalami masalah kesehatan jika sering tepapar radiasi handphone.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa radiasi gelombang radio dari handphone memiliki dampak pada terbentuknya kelainan jaringan dan metabolisme sel-sel saraf pada otak. Akan tetapi, dampak lebih lanjut radiasi handphone pada tumbuh kembang anak masih belum dapat disimpulkan dengan jelas.

Add a Comment