Bagi Pemula, Ini Tips Live Streaming Yang Menarik Agar Banyak Penonton

PrimaBerita – Tips live streaming yang menarik agar banyak penonton. Zaman sekarang, siaran langsung atau live streaming sudah menjadi kegiatan banyak orang. Topik konten live streaming pun menjadi beragam dengan tujuan untuk menghibur, mengedukasi tentang sesuatu hal, ataupun hanya sekedar menjaga relasi dengan audiens. Namun karena dalam live streaming tersebut tidak menarik, penonton pun menjadi sedikit.

Padahal saat ini, sudah semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya pada media online, sehingga semakin cepat juga pertumbuhan live streaming pada beberapa tahun ini.

Berdasarkan statistik Techjury, live streaming mengalami pertumbuhan sebesar 99% dari April 2019 hingga April 2020, dan 63% masyarakat berusia 18-34 dalam dunia terbiasa menonton live streaming.

Dengan pertumbuhan live streaming, menjadi seorang penyiar langsung (live streamer) juga menjadi pekerjaan yang menarik untuk mereka yang senang berkomunikasi dan bertukar wawasan dengan orang lain.

Berikut tips Live Streaming Yang Menarik Agar Banyak Penonton

Siapkan peralatan yang anda perlukan

Sebelum memulai live streaming, anda perlu menyiapkan beberapa peralatan untuk mendukung kualitas video anda. Tidak perlu yang mahal harganya atau yang ber merk. Cukup dengan menggunakan kamera smartphone lalu pastikan kamera tersebut bersih agar video live streaming anda tampak jelas dan baik.

Anda juga membutuhkan tripod agar anda bisa meletakan smartphone anda dan terhindar dari tangan pegal. Video akan terlihat berkualitas juga karena pencahayaan yang baik, untuk itu andaย  perlu menyediakan sebuah ring light.

Namun, jika tidak memiliki ring light, anda juga bisa memilih tempat dengan paparan sinar matahari langsung. Kemudian pastikan internet anda stabil agar tidak ada gangguan.

Pilih topik menarik dan rencanakan poin-poin penting pembicaraan

Anda bisa menemukan topik yang ingin anda sampaikan dengan membaca berbagai artikel dan pembicaraan yang ada pada audiens untuk menemukannya.

Lalu, pilihlah topik yang anda pahami dan senangi, seperti misalnya teknik melukis jika anda hobi melukis, membagikan resep dan teknik memasak jika anda senang memasak. Lakukan riset untuk mencarii fakta dan data yang mendukung konten anda kemudian catat semua poin penting yang ingin anda sampaikan.

Berinteraksi dengan penonton

Ketika anda memulai sesi live streaming, mulailah dengan menyapa penonton yang hadir untuk berterima kasih karena mereka telah menyempatkan waktunya untuk menonton live streaming anda.

Kemudian, pada tengah atau akhir sesi, sempatkanlah untuk membaca komentar-komentar yang masuk dan menjawab pertanyaan yang penonton ajukan. Sebisa mungkin anda harus merespon dan menjawabnya sebagai apresiasi kepada penonton yang memang serius mengikuti pembicaraan anda.

Anda juga bisa membuat pertanyaan untuk para penonton jawab agar suasana menjadi lebih interaktif dan menarik. Interaksi dengan penonton itu penting agar live streaming tidak menjadi membosankan dan membuat penonton merasa dekat dengan anda.

Mengajak teman atau mendatangkan pembicara lain

Agar live streaming tidak membosankan, anda bisa mengombinasikannya dengan berkolaborasi bersama teman atau pembicara lain.

Kegiatan ini juga membuka peluang untuk saling mempromosikan diri ke masing-masing penonton. Bisa jadi anda mempunyai tambahan penggemar dari teman dan pembicara lain itu.

Sebagai pemula, anda juga bisa belajar dari lawan bicara tentang bagaimana tekniknya selama live streaming, seperti gaya bicara dan cara berinteraksi dengan penonton.

Add a Comment