Cara Memperbaiki Hp yang Tidak Bisa Anda Charge

Hp Tidak Bisa Charge

PrimaBerita – Akan sangat menyebalkan jika anda mengalami gadget atau hp tidak bisa anda charge. Pasalnya saat ini HP meurpakan alat yang anda butuhkan apalagi jika bater hp anda sudah merah. Ada beberapa cara ynag bisa anda lakukan untuk memperbaiki Hp yang tidak bisa anda charge.

Ada beberapa penyebab masalah ini bisa terjadi m isalnya perangkat anda memang menolak untuk mengisi, kabel yang bermasalah, atau mungkin handphone anda bisa mengisi tapi sangat lambat.

Berikut Cara Memperbaiki Hp yang Tidak Bisa Anda Charge :

Restart Hp

Dengan mematikan hp atau merestart bergunak agar semua sistem yang erroe kembali ke normal. Biarkan hp anda beberap saat kemudian hidupkan kembali.

Mematikan dan menyalakan kembali smartphone adalah cara yang paling mudah dan kerap kali berhasil. Jika tidak berhasil, masih ada beberapa cara yang bisa anda lakukan kembali.

Periksa Kabel USB dan Power Adapter

Mungkin anda tidak menyeadari kabel USB atau power Adapater charge bermasalah. Karena terkadang masalah pengisian ulang tidak melulu pada pernaghkat, bisa jadi faktor dari luar.

Misalnya kabel USB Anda yang rusak, sebaiknya beli Kabel USB bawaan hp yang asli agar dapat anda gunakan kembali tanpa resiko. Sekali lagi jangan gunakan kabel USB secara sembarangan.

Setelah kabel USB, Anda juga perlu memeriksa power adapter. Terkadang karena pemakaian yang salah, arus dari power Adapter berkurang sehingga baterai smartphone tidak terisi penuh.

Cara mengeceknya, Anda bisa meminjam charger orang lain. Bila digunakan hp Anda terisi penuh, maka bisa dipastikan kabel USB atau power adapter Anda yang bermasalah

Periksa Port USB

Sebaiknya hindari mencabut charge dengan perangkat dengan kasar,  Hal ini bisa membuat port USB Anda error. Untuk mengatasi hal ini, tentu Anda harus membawanya ke tempat service resmi agar bisa anda cek lebih lengkap.

Bersihkan Charging Port Secara Rutin

Selain memeriksa port USB, Anda juga perlu membersihkan charging port tersebut apabila terdapat kotoran yang menempel. Kotoran ini bisa menjadi penyebab colokan tidak terpasang dengan maksimal, sehingga baterai hp tidak bisa mengisi.

Update OS

Terkadang, smartphone dengan sistem operasi lama perlu anda update, karena akan berpengaruh pada performa pengisian baterai. Jadi pastikan OS hp Anda sudah yang paling baru.

Periksa Kondisi Baterai

Ppenyebab baterai hp yang tidak bisa  anda isi ulang bisa saja karena kondisi baterai yang sudah rusak. Gantilah baterai sesuai dengan petunjuk dan ketentuan dari pabrik.

Terdapat Bug pada Sistem Smartphone

Bug atau aplikasi software bisa menyebabkan terjadinya error tanpa anda sadari.

Add a Comment