Cara Terbaik Menyelamatkan HP yang Tenggelam ke dalam Air

hp tenggelam dalam air

PrimaBerita – Terkadang jika ceroboh membawa HP ke lokasi yang ada air misalnya kolam renang, maka HP (handphone) bisa saja tenggelam ke dalam air tersebut. Atau HP juga bisa tenggelam ke dalam bak berisi air karena kebiasaan membawa handphone saat mandi.

Maka satu-satunya langkah tercepat dan pertama yang bisa anda upayakan adalah mengambil HP sesegera mungkin. Karena semakin lama HP tenggelam maka semakin cepat pula air masuk ke dalamnya. Sehingga handphone bisa saja menimbulkan kerusakan.

Namun langkah itu tidaklah cukup hanya begitu saja. Anda juga perlu melakukan tahap selanjutnya untuk menyelamatkan handphone kesayangan. Cobalah ikuti cara berikut ini.

Besar kemungkinannya HP masuk ke dalam air dalam keadaan yang menyala. Nah jika ya, jangan buru-buru memakainya. Matikan saja handphone anda dengan segera. Mengaktifkan HP saat masih basah dapat memperparah keadaan. Hal ini karena aliran listrik dan air tidak bisa menyatu.

  • Keluarkan Semua Komponen dari dalam HP

Setelah tidak menyalakan ponsel maka langkah selanjutnya yaitu mengeluarkan SIM card atau kartu SIM dari tempatnya. Jika ponselmu masih model lama, keluarkan juga baterainya. Lalu keringkan semua kompenen tersebut dengan handuk atau tisu serta sebisa mungkin keringkan bagian dalam slot. Pastikan sampai air tidak ada yang tersisa lagi.

  • Masukkan HP ke dalam Beras

Cara ini juga bisa anda lakukan karena cara ini juga sudah cukup familiar. Kubur HP anda ke dalam tumpukan beras karena beras sangat baik dalam menyerap air. Namun pastikan juga seluruh permukaan HP anda terselimuti dengan beras. Kemudian biarkan saja selama 2 – 3 hari ponsel bersemayam ke dalam beras.

  • Gunakan Silica Gel

Bila anda memiliki silica gel di rumah dalam jumlah banyak maka anda bisa menggunakannya sebagai pengganti beras. Cara mengaplikasikannya yaitu dengan menaruh 1 paket silica gel pada sisi handphone, khususnya pada bagian yang berpotensi besar kemasukan paling banyak air. Dalam hal ini anda bisa membiarkannya selama 3 hari sampai air terserap seluruhnya.

  • Menggunakan Pasir Kucing

Anda bisa meminjam sebentar pasir kucing untuk menghilangkan air dari sela-sela ponsel. Untuk bisa menyelimuti semua sisi setidaknya anda butuh 4 cangkir pasir.

Add a Comment