5 Hal yang Menjadi Penyebab Mata Berkunang-kunang

penyebab mata berkunang-kunang

PrimaBerita – Beberapa orang kerap merasakan mata yang berkunang-kunang oleh karena itu penting untuk mengetahui sejumlah hal yang menjadi penyebab kondisi tersebut. Adapun situasi mata berkunang-kunang terkadang terasa seperti sedang melihat bintang atau kilatan cahaya. Hal ini pun bisa saja mengganggu aktivitas seseorang.

Meski bisa muncul pada semua kategori usia, umumnya kondisi ini tidak berbahaya. Tetapi anda juga perlu untuk mencari tahu penyebab mata berkunang-kunang. Berikut 5 hal yang dapat menjadi penyebab mata berkunang-kunang.

  1. Ada Tekanan Pada Area Mata

Menurut lansiran laman Verywell Health, mata bisa terasa seperti berkunang-kunang saat ada tekanan. Tekanan pada mata dapat muncul karena seseorang mengucek mata, batuk, maupun mengejan dengan kencang. Namun pada beberapa kasus, kondisi mata berkunang-kunang akibat adanya tekanan ternyata bisa menjadi gejala akan timbulnya penyakit seperti infeksi, tumor, dan peradangan.

Baca Juga: Ini 5 Bahaya Jika Terlalu Sering Mengucek Mata

  1. Penuaan

Salah satu masalah mata terkait penuaan yaitu posterior vitreous detachment (PVD). Ketika usia seseorang semakin lanjut maka cairan vitreous jadi kurang kencang dan bisa menarik retina. Jika tarikan cukup kuat maka cairan bisa terpisah dari retina. Sehingga bisa menyebabkan mata berkunang-kunang.

  1. Migrain

Saat seseorang sedang migrain, mata berkunang-kunang bisa saja muncul. Dan umumnya masalah kesehatan seperti situasi ini sembuh dengan sendirinya tanpa bantuan obat.

  1. Gangguan Fungsi Otak

Penyebab mata berkunang-kunang bisa terjadi akibat adanya gangguan fungsi otak karena kurangnya aliran darah atau kerusakan otak. Atau masalah ini bisa terjadi karena penyakit multiple sclerosis, tumor otak, stroke, hingga penyakit pembuluh darah pada otak. Jadi pastikan anda berkonsultasi dengan dokter apabila mengalami mata berkunang-kunang yang sering kambuh dan tak kunjung sembuh.

  1. Terdapat Gangguan Pada Retina

Gangguan pada retina seperti retinitis pigmentosa, retinopati diabetik, neuritis optik, serta degenerasi macula dapat membuat seseorang mengalami masalah penglihatan. Ini karena pengaruh menurunnya kemampuan mata secara bertahap. Mata berkunang-kunang yang kerap kambuh pun dapat jadi gejala gangguan pada retina.

Add a Comment