Selain Kopi, Ini Minuman yang Harus Anda Hindari Sebelum Tidur

hindari minuman sebelum tidur

PrimaBerita – Sebelum tidur, ada banyak kebiasaan baik yang harus anda lakukan menjelang tidur demi istirahat berkualitas dan kuantitas cukup. Selain membuat tempat tidur yang nyaman, ada minuman yang harus anda hindari sebelum tidur.

Kopi memang tidak mengejutkan lagi untuk anda hindari sebab kandungan kafein bisa berisiko membuat Anda terjaga selama beberapa jam ke depan. Keinginan untuk tidur nyenyak jelas sulit. Selain kopi, ada juga beberapa minuman yang lain.

Berikut Minuman yang Harus Anda Hindari Sebelum Tidur

Teh hijau

Teh hijau juga mengandung kafein. Biasanyam teh adalah minuman yang membuat rileks sehingga membantu tidur lebih nyenyak. Namun berbeda dengan teh ini, kafein teh hijau mengandung dua stimulan yakni, theobromine dan theophylline. Keduanya mengakibatkan peningkatan detak jantung, rasa grogi dan kecemasan.

Melansir dari Medical News Today, jenis teh yang baik untuk anda minum sebelum tidur antara lain, teh chamomile, teh lavender dan teh hijau tanpa kafein.

Wine

Bersantai sebelum tidur dengan segelas anggur atau wine memang nikmat selepas makan malam. Padahal wine justru membuat Anda sulit mencapai REM (Rapid Eye Movement) yang mana tidur nyenyak dan mimpi terjadi.

“Penelitian menunjukkan bahwa minum alkohol sebelum tidur dapat membuat Anda lebih mungkin terbangun sepanjang malam dan menurunkan kualitas tidur. Kita juga tahu alkohol dapat mengakibatkan mengorok karena alkohol adalah pelemas otot yang ampuh,” ujar ahli gizi, Mitzi Dulan, mengutip dari Eat This, Not That!.

Soda

Minuman bersoda memiliki reputasi buruk terkait kandungan gulanya yang tinggi. Melansir dari Delish, konsumsi gula berlebihan bisa membuat Anda susah tidur atau sering terbangun. Saat kadar gula dalam darah tinggi maka hormon yang membantu Anda untuk tidur menurun.

Jus jeruk

Ada banyak cara memenuhi kebutuhan vitamin C termasuk dengan minum jus jeruk. Namun bukan ide baik jika Anda minum jus jeruk jelang waktu tidur.

Jus jeruk mengandung asam yang sangat tinggi. Meski Anda tidak memiliki riwayat masalah lambung, tetapi akan lebih baik menghindari jus jeruk dan meminimalisir risiko asam lambung.

Add a Comment