Penyebab & Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

penyebab kolesterol tinggi

PrimaBerita – Penyebab kolesterol tinggi bisa dipicu karena gaya hidup yang tidak sehat. Namun selain itu dapat pula terjadi karena memiliki penyakit lain ataupun faktor keturunan.

Penyebab kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia) akibat pola hidup yang tidak sehat bisa terjadi karena seringnya mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi kolesterol dan lemak jenuh. Contohnya seperti gorengan, kulit ayam, jeroan, maupun susu full cream. Terlebih jika tidak diseimbangkan dengan aktivitas olahraga secara rutin.

Kolesterol tinggi yang terpicu oleh perubahan atau mutasi sejumlah gen hasil turunan dari orang tua juga dapat terjadi kepada siapa saja. Adapun mutasi gen tersebut membuat tubuh tidak dapat membuang kolesterol dari dalam darah. Meski demikian faktor pemicu yang satu ini sejatinya jarang terjadi.

Bukan hanya itu orang yang punya penyakit diabetes atau penderita obesitas juga perlu waspada akan kolesterol. Karena orang-orang seperti ini rentan menderita kolesterol tinggi.

Cara Menurunkan Kolesterol

Kolesterol adalah lemak yang berguna untuk tubuh manusia tetapi bila kadarnya terlampau tinggi, kolesterol akan menumpuk pada pembuluh darah. Sehingga hal ini dapat mengganggu aliran darah. Dengan demikian untuk membantu seseorang dalam menurunkan kolesterolnya, bisa menjalankan pola kebiasaan hidup sehat dengan cara-cara seperti berikut.

  1. Olahraga

Melakukan kegiatan olahraga secara rutin dan teratur bisa membantu menaikkan kadar HDL. Manfaat lainnya juga bisa mencegah serangan jantung. Jadi cobalah luangkan waktu anda setidaknya 30 menit setiap hari untuk berolahraga. Contoh olahraga yang bisa anda lakukan yaitu bersepeda, jogging, atau senam aerobic.

  1. Obat-obatan Sesuai Anjuran Dokter

Cara menurunkan kolesterol juga bisa anda tempuh dengan mengonsumsi obat-obatan yang sesuai anjuran dokter. Menurut laman Alodokter ada 2 jenis obat bisa kita gunakan sesuai anjuran dokter yakni obat golongan statin serta ezetimibe.

  1. Diet Sehat

Melakukan pola makan yang sehat penting anda lakukan untuk mempertahankan kadar kolesterol tetap normal. Upayakan menghindari makanan-makanan dari hasil penggorengan. Sebaliknya olah makanan dengan cara merebus, memanggang, atau mengkukus. Konsumsi juga makanan tinggi serat seperti buah dan sayur mayur.

Bagi orang dewasa, pemeriksaan kolesterol sebaiknya tiap 4 sampai 6 tahun sekali.

Add a Comment