Manfaat Sayur Buncis, Sayur Kecil Memanjang yang Mirip Kacang Panjang

manfaat sayur buncis

PrimaBerita – Sudah bukan rahasia lagi, manfaat sayur memang selalu baik untuk tubuh, tak terkecuali sayur buncis. Sayur buncis yang dipercaya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan ini mengandung nutrisi seperti vitamin, serat, serta protein. Protein dan vitamin buncis berperan dalam membantu menurunkan tekanan darah serta mengontrol metabolism gula darah. Sedangkan serat dan enzim dari buncis bagus untuk membantu penurunan berat badan.

Untuk memperolehnya, jenis sayuran yang mirip kacang panjang ini mudah ditemui di pasar-pasar tradisional. Meski demikian sudah banyak pula terdapat pada pasar modern. Bahkan ada yang sudah terkemas untuk sekali pakai atau porsi sekali memasak.

Manfaat Sayur Buncis

Oleh karena kandungan gizi serta nutrisinya, sayur buncis memiliki sederet manfaat seperti berikut:

  1. Membantu Meningkatkan Kesuburan Wanita

Sebuah penelitian dari Harvard Medical School menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita. Terlebih bagi mereka yang sudah usia produktif. Nah kabar baiknya buncis menjadi salah satu jenis sayuran yang kaya akan zat besi.

Dengan demikian bagi anda yang ingin cepat memperoleh keturunan (hamil) maka cobalah menambahkan olahan buncis ke dalam menu makanan harian anda. Imbangi dengan asupan lain seperti tomat atau buah jeruk agar tubuh dapat menyerap zat besi secara efektif.

  1. Menjaga Kesehatan Janin

Selain meningkatkan kesuburan wanita, mengonsumsi sayur buncis juga bagus untuk menjaga kesehatan janin pada awal pertumbuhannya. Sebab dalam sayur buncis juga terdapat nutrisi lain seperti asam folat. Lebih lanjut folat juga sangat penting guna mendukung pertumbuhan otak dan sumsum tulang belakang pada janin.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sayur berwarna hijau muda ini tidak mengandung kolesterol ditambah kandungan serat dari buncis sangat membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Karena serat tersebut akan berguna dalam menurunkan kadar LDL dan kadar kolesterol total.

  1. Meredakan Depresi

Anda sering depresi? Cobalah mengonsumsi sayur buncis dengan memasaknya sesuai selera anda. Karena sayur buncis membantu anda untuk memenuhi kebutuhan folat sekaligus mencegah depresi.

Add a Comment