Jangan Sepelekan, 7 Penyebab Gula Darah Rendah Ini

penyebab gula darah rendah

PrimaBeritaHipoglikemia atau kadar gula darah yang rendah merupakan kondisi ketika kadar gula dalam darah (glukosa) turun terlalu rendah. Ada beberapa penyebab gula darah anda rendah. Sebaiknya jangan sepelekan kondisi ini.

Gula darah atau glukosa adalah sumber energi penting bagi tubuh manusia. Glukosa berasal dari makanan berkarbohidrat, seperti nasi, kentang, roti, sereal, buah, sayuran, dan susu.

Bila Anda mengonsumsi glukosa lebih banyak dari yang anda butuhkan, maka tubuh akan menyimpannya dalam hati dan otot, atau mengubahnya menjadi lemak. Sehingga bisa digunakan untuk energi saat dibutuhkan nanti. Tanpa glukosa yang cukup, tubuh tidak bisa menjalankan fungsi normalnya.

Kadar gula darah normal pada tiap orang mungkin berbeda, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahuinya.

Berikut Penyebab Gula Darah Rendah yang harus Anda Waspadai :

Pengobatan Diabetes

Bila anda adalah penderita diabetes, mungkin anda tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup (tipe 1) atau tubuh mungkin tidak bisa menggunakan insulin dengan baik (diabetes tipe 2). Akibatnya, glukosa cenderung menumpuk pada aliran darah dan bisa mencapai kadar yang sangat tinggi.

Cara mengatasi kondisi tersebut dengan menggunakan insulin atau obat lain untuk menurunkan kadar gula darah rendah. Namun, menggunakan terlalu banyak insulin atau obat lainnya bisa menyebabkan kadar gula darah turun terlalu rendah, sehingga akhirnya menyebabkan hipoglikemia.

Pengidap penyakit iniĀ  juga bisa mengalami hipoglikemia bila makan lebih sedikit dari biasanya setelah minum obat, atau bila berolahraga lebih keras dari biasanya.

Obat-obatan Tertentu

Obat-obatan lain juga bisa menyebabkan hipoglikemia, terutama pada anak-anak atau pada pengidap gagal ginjal. Salah satu contoh obat tersebut adalah kina (Qualaquin) yang digunakan untuk mengobati penyakit malaria.

Konsumsi Alkohol Berlebihan

Minum banyak alkohol tanpa mengonsumsi makanan bisa menghalangi organ hati melepaskan glukosa yang tersimpan ke dalam aliran darah, sehingga menyebabkan hipoglikemia.

Beberapa Penyakit Kritis

Penyakit hati yang parah, seperti hepatitis atau sirosis parah adalah penyebab gula darah rendah yang perlu anda waspadai. Gangguan ginjal juga bisa menghalangi tubuh untuk mengeluarkan obat dengan benar, sehingga bisa membuat kadar gula darah menjadi rendah karena penumpukan obat tersebut.

Kelaparan dalam Waktu Lama

Berpuasa atau memiliki gangguan makan seperti anoreksia nervosa bisa membuat tubuh kelaparan dalam waktu lama. Kondisi tersebut memicu menurunnya kadar gula darah karena zat yang tubuh butuhkan untuk membuat glukosa menjadi terlalu sedikit.

Produksi Insulin Berlebih

Tumor pankreas juga bisa menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak insulin. Tumor lain juga bisa menghasilkan terlalu banyak produksi zat seperti insulin. Pembesaran sel-sel pankreas yang memproduksi insulin bisa mengakibatkan pelepasan insulin yang berlebihan, sehingga menyebabkan hipoglikemia.

Kekurangan Hormon

Kelainan kelenjar adrenal dan tumor hipofisis tertentu bisa menyebabkan kekurangan hormon utama yang mengatur produksi glukosa. Anak-anak dapat mengalami hipoglikemia jika mereka memiliki terlalu sedikit hormon pertumbuhan.

Add a Comment