Cara Mengendalikan Rasa Lapar Berlebih, Untukmu yang Sedang Diet!

cara mengendalikan rasa lapar

PrimaBerita – Cara mengendalikan rasa lapar penting untuk dilakukan, apalagi bagi anda pelaku-pelaku diet. Namun untuk mengendalikan rasa lapar tersebut juga memerlukan tips dan trik.

Sebab rasa lapar menjadi tantangan yang harus anda hadapi setiap hari. Sehingga tantangan menahan lapar tentunya akan terasa sulit bagi anda yang sedang melakukan rencana penurunan berat badan. Karena rasa lapar bisa berasal dari fisik maupun psikologis. Untuk itu penting mengendalikan nafsu makan berlebih supaya pada akhirnya tidak beresiko bagi kesehatan.

Selain itu rasa lapar yang timbul secara psikologis juga dapat terpengaruh dari hormon lapar bernama ghrelin. Ghrelin akan mengirimkan sinyal ke otak manusia dan membuat anda ingin makan sesuatu.

Inilah cara mengendalikan rasa lapar berlebih.

Makan Pada Waktu yang Sama Setiap Hari

Makan secara teratur atau pada jam yang sama setiap hari dapat melatih hormon lapar pada tubuh. Anda juga harus pandai mengatur antara waktu makan ke waktu makan berikutnya. Kedua situasi ini menjadi hal yang paling berpengaruh bagi metabolisme. Misal makan makanan utama dan mengonsumsi camilan dua jam setelahnya bisa anda terapkan untuk mengatur jeda.

Jangan Langsung Makan Ketika Merasa Lapar

Ketika anda merasa lapar maka jangan langsung mengambil makanan. Sebaiknya sikapi saja dengan mencari tahu apakah lapar tersebut datang dari fisik atau psikologis. Tunggulah selama 10 atau 20 menit. Pada durasi tersebut ghrelin akan mencapai titik puncaknya.

Makan Secara Perlahan

Tubuh memerlukan waktu sepuluh menit untuk mengenali makanan apa yang masuk ke dalam tubuh. Meski cukup lama akan tetapi hal tersebut berguna untuk membuat anda makan secara perlahan. Mulai dari mengunyah makanan hingga benar-benar merasakan jenis makanan yang masuk ke dalam mulut. Cara ini terbukti ampuh membantu mengatasi rasa lapar.

Minum Segelas Air

Dehidrasi juga bisa menjadi alasan datangnya rasa lapar. Karena mungkin kelaparan akan muncul pada waktu jeda makan. Jadi cobalah ingat dulu sudah berapa banyak anda mengonsumsi air putih? Minumlah segelas air putih jika lapar masih terasa sebelum waktunya makan.

Jangan Lupakan Sarapan

Sarapan itu sangat penting bagi kesehatan tubuh. Banyak bukti yang menunjukkan bahwa orang yang rajin sarapan sehat akan lebih kenyang sepanjang hari. Penuhi sarapan anda dengan karbohidrat kompleks.

Add a Comment