Black Box CVR Sriwijaya Air Akhirnya Berhasil Ditemukan

black box CVR sriwijaya air

PrimaBerita – CVR (Cockpit Voice Recorder) black box pesawat Sriwijaya Air SJ182 akhirnya sudah berhasil ketemu. Adapun penemuan kotak hitam pesawat terbang yang jatuh pada 9 januari silam ini dikonfirmasi oleh pihak Kementerian Perhubungan (31/3/2021).

“Sudah ditemukan CVR,” ungkap juru bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, melansir dari CNN Indonesia.

Meski sudah ketemu namun Adita tidak menjelaskan secara pasti mengenai rincian waktu penemuan black box serta hasil kajian data dari CVR pesawat Sriwijaya Air SJ182. Ia pun meminta agar publik sabar menunggu penjelasan lengkap dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan juga ketua KNKT melalui konferensi pers.

Black box atau kotak hitam merupakan istilah yang menyebutkan sekumpulan perangkat dalam bidang transportasi. Umumnya istilah ini sering merujuk kepada perekaman data penerbangan dan perekam suara kokpit dalam pesawat terbang.

Fungsi dari black box sendiri yaitu untuk merekam pembicaraan antara pilot dengan pemandu lalu lintas udara (ATC). Selain itu black box juga berfungsi untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama waktu penerbangan pesawat terbang. Sebuah hal yang unik dari kotak hitam yaitu meski namanya kotak hitam bukan berarti kotak tersebut berwarna hitam, melainkan sebenarnya berwarna oranye.

Sebagaimana sebelumnya FDR black box sudah ketemu selang beberapa waktu setelah insiden kejatuhan pesawat. Sedangkan CVR black box Sriwijaya Air SJ182 sebelumnya masih dalam proses pencarian.

KNKT pada beberapa waktu silam mengungkap hasil investigasi awal jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 dengan nomor registrasi PK-CLC pada kawasan perairan kepulauan Seribu. Sebelum pesawat Sriwijaya Air SJ182 terjun bebas ke perairan, tuas mesin (throttle) sebelah kiri pesawat rupanya 3 kali bergerak mundur. Adapun tuas kiri tersebut pertama kali bergerak mundur terjadi tidak lama setelah pesawat lepas landas tanggal 9 januari 2021.

Pesawat terbang Sriwijaya Air SJ182 saat lepas landas memuat dua orang pilot, 4 awak kabin, serta sebanyak 56 penumpang.

Baca Juga: Fakta Penemuan Black Box Sriwijaya Air dari Dasar Lautan

Add a Comment