Bisa Bahaya !! Jangan Bagikan Foto Ini ke Media Sosial Anda

Bagikan Foto ke Media Sosial

PrimaBerita – Tidak sedikit orang setiap kejadian atau moment apapun akan melakukan foto-foto. Makan bersama pasangan, hewan peliharaan tidur dan lain sebagainya banyak orang abadikan. Namun tahukah anda, ada beberapa foto yang jangan sampai anda bagikan ke media sosial karena bisa berbahaya.

Alasan utamanya karena ini adalah privasi. Tidak semua hal harus anda upload, anda bisa menyimpannya untuk anda sendiri karena media sosial membuat siapa saja bisa melihat apa yang anda bagikan.

Berikut foto yang jangan sampai anda bagikan ke media sosial anda :

Boarding Pass

Tidak masalah jika anda ingin memerkan perjalanan liburan anda pada media sosial, karena hal ini merupakan hal yang lumrah. Tetapi jangan pernah mengunggah foto boarding pass milik anda. Bukan saja karena ada nama lengkap, tetapi ada identitas detail lainnya yang akan terlihat.

Misalnya nomor kartu identitas, lokasi tujuan, tempat dan tanggal lahir, pesawat apa yang anda naiki, dan lainnya. Melansir Krebson Security, data-data itu bisa menjadi celah hacker untuk mencuri identitas anda.

Kartu identitas seperti KTP, SIM, dan lainnya

Kartu identitas mengandung informasi pribadi yang sangat privasi. Ada nama lengkap, alamat, tempat dan tanggal lahir, nomor identitas, hingga golongan darah. Kartu identitas ini bisa mencakup Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), paspor, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan lainnya.

Informasi itu berpotensi oknum yang tidak bertanggung jawab menggunakannya. Anda akan mengundang kasus kejahatan jika anda bagikan ke medsos.

Uang, kartu kredit, dan slip gaji

Masih belum pasti apa motif orang-orang yang mengunggah uang, slip gaji, dan lainnya ke medsosnya. Tetapi apapun alasannya, itu sama saja dengan mencari masalah. Orang lain akan mengetahui bahwa anda sedang membawa banyak cash.

Kemungkinan untuk terjadinya kejahatan jadi meningkat. Tidak hanya itu, sebaiknya hindari juga foto atau caption yang mengisyaratkan informasi tentang keuangan anda. Seperti nama bank, nomor kartu kredit, slip gaji, dan lainnya.

Wajah anak di bawah umur

Jangankan anak, adik, atau keponakan sendiri. Anak orang lain pun jangan sampai anda bagikan. Memang mereka tampak menggemaskan apalagi saat anda lihat dari foto namun hal itu justru menempatkan mereka dalam risiko berbahaya. Seperti penculikan, bullying, paedofilia, dan lainnya.

Dokumen yang mengandung rahasia perusahaan

Anda termasuk orang yang suka membagikan aktivitas pekerjaan, hal ini tidak masalah. Hanya saja anda tidak boleh mengunggah dokumen perusahaan yang bersifat rahasia. Ini termasuk aturan tidak tertulis yang sudah seharusnya anda patuhi sebagai pegawai perusahaan.

Pertama, informasi tersebut bukan milik anda.  Jadi anda tidak berhak untuk membagikannya ke ruang publik, termasuk medsos. Kedua, itu memicu kompetitor untuk menyerang perusahaan anda.

Pekerjaan yang belum dipublikasikan

Mungkin saking bangganya telah menyelesaikan pekerjaan, anda lantas membagikan hal itu dalam medsos. Misalnya tulisan yang belum anda publikasikn ke blog atau platform, proyek video suatu perusahaan yang belum ter-ACC, dan lainnya.

Bisa anda bayangkan apa yang terjadi apabila ada orang lain mencuri ide yang anda buat. Anda juga tidak bisa menuntut mereka karena anda belum mempublikasikannya.

Membagikan foto hasil ambilan orang lain

Jika anda membagikan foto hasil ambilan orang lain, hal ini termasuk pelanggaran copyright atau hak cipta. Apalagi jika anda tidak izin dari pemiliknya, dan tanpa memberikan kredit. Anda bisa kena tuntut pelanggaran. Bisa berupa ganti rugi uang, gugatan, dan lainnya.

Add a Comment