Bos Xiaomi Mundur Gara-Gara Dihajar Huawei, Oppo, Vivo?

PrimaBerita – Lei Jun, Chairman dan co-founder Xiaomi Inc, menyatakan mundur dari posisi sebagai Bos Xiaomi China. Posisinya akan digantikan Lu Weibing, kepada brand Redmi, milik Xioami.

Perubahan struktur organisasi ini disampaikan manajemen kepada karyawan pada minggu lalu melalui surat internal. Mantan President Xiaomi Lin Bin akan dipromosikan jadi vice president.

Baca juga : Fuad Rizal Diunjuk Menjadi Dirut Garuda, Ini Alasan BUMN

Chief Financial Officer (CFO) Zhou Capital akan dipromosikan sebagai President Bisnis Internasional Xiaomi, seperti dikutip dari TNW, Sabtu (7/12/2019).

“Tahun depan akan menjadi tahun yang offensif bagi bisnis 5G Xiaomi dan juga akan menjadi tahun kunci bagi mobile ponsel + AIoT,” tulis Lei Jun dalam surat internal perusahaan.

“Kami membutuhkan dukungan dari grup manajemen yang powerfull (kuat), ini sangat perlu untuk melanjutkan vitalis inovasi organisasi yang dibawa dalam mekanisme rotasi kaderisasi.”

Pada kuartal III-2019, pendapatan Xiaomi turun 7,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Penyebabnya, perlambatan di pasar China. Perusahaan riset Canalys melaporkan pangsa pasar Xiaomi turun dari 13,1% menjadi 9%.

Baca juga : Ini Harga ‘Gelap’ Harley Davidson Dirut Garuda Indonesia Yang Viral

Pada kuartal III-2019, bisnis Xiaomi tumbuh 5,5% secara tahunan dan menjadi yang terlambat setelah perusahaan mencatatkan saham di bursa saham Hong Kong tahun lalu. Bos Xiaomi mundur diharapkan bisa menggusur dominasi Huawei, Vivo dan Oppo. (cnbc)

Add a Comment