Ini Makanan Berbahaya bagi Kesehatan, Tanpa Anda Sadari

makanan berbahaya bagi kesehatan

PrimaBeritaKesehatan anda bergantung pada gaya hidup atau pola makanan anda, meskipun ada makanan yang rasanya enak dan sudah sangat umum anda konsumsi tanpa anda sadari berbahaya bagi kesehatan.

Hal ini perlu anda lakukan agar Anda tidak terserang berbagai penyakit yang bisa berakibat fatal. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa makanan yang mereka konsumsi termasuk dalam kategori makanan berbahaya, karena makanan tersebut sudah umum.

Berikut Makanan Berbahaya bagi Kesehatan yang Harus anda batasi atau hindariĀ  :

Daging olahan

Makanan yang berasal dari daging olahan termasuk sosis, sepek, daging ham dan kornet perlu anda hindari. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang sering mengonsumsi daging olahan memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung dan kanker usus.

Daging babi

Daging babi dianggap berbahaya karena banyak mengandung lemak tak jenuh ganda, yang dapat meningkatkan risiko terkena kolesterol tinggi dan penyakit sirosis.

Selain itu, konsumsi daging babi juga ada yang mengaitkan dengan penyakit jantung, penyakit kanker hati, dan penyakit kanker kolorektal.

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji mengandung kalori, lemak, gula, dan garam yang cukup tinggi, sehingga tidak baik untuk kesehatan. Orang yang sering mengonsumsi makanan cepat saji berisiko tinggi untuk terkena hipertensi, kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

Ikan bermerkuri tinggi

Ikan-ikan seperti hiu, makerel, todak, ikan kakap putih dan tuna sirip biru, kemungkinan mengandung merkuri dalam kadar tinggi. Zat ini berbahaya bagi kesehatan.

Ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi ikan yang mengandung merkuri, karena dapat mengganggu perkembangan otak dan sistem saraf bayi dalam kandungannya.

Kue kering

Kue kering atau cookie juga termasuk makanan tidak sehat dan berbahaya bagi kesehatan jika anda konsumsi secara berlebihan. Ini karena kue kering yang ada pada pasaran rata-rata terbuat dari gula rafinasi, tepung terigu olahan, dan minyak nabati yang telah terhidrogenasi.

Makanan yang digoreng

Penelitian menyebutkan bahwa terlalu sering mengonsumsi makanan yang anda goreng dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini karena makanan yang digoreng mengandung banyak lemak, kalori, dan garam.

Ikan buntal

Ikan buntal bisa menjadi makanan berbahaya jika anda olah dengan cara yang salah. Mengonsumsi daging ikan buntal yang sudah tercemar oleh bagian hati, telur, usus, atau kulitnya pada saat pengolahan, dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius, bahkan kematian.

Hal ini karena hati, telur, usus, dan kulit ikan buntal mengandung racun tetrodotoxin, yang lebih berbahaya daripada racun sianida.

Agar terhindar dari beragam penyakit serius yang dapat berakibat fatal, sebaiknya batasi atau bahkan hindari konsumsi makanan berbahaya tersebut. Sebaliknya, konsumsilah makanan sehat dengan gizi seimbang, karena membawa banyak manfaat untuk kesehatan.

Add a Comment