Bahaya, 7 Makanan Ini Tidak Bisa Dipanaskan Kembali Bisa Jadi Racun

Makanan tidak Bisa Dipanaskan Kembali

PrimaBerita – Beberapa orang akan memanaskan makananya untuk berhemat atau karena sayang jika dibuang karena tidak habis. Hal tersebut tanpa mengetahui bahwa ada makanan yang tidak bisa dipanaskan kembali.

Jenis makanan yang tidak dapat dipanaskan kembali itu bisa berubah menjadi racun. Mengutip dair berbagai sumber, ada 7 makanan yang berbahaya bila dipanaskan.

Berikut 7 Makanan yang tidak bisa dipanaskan kembali :

1. Ayam

Ayam memiliki kandungan protein, Ayam yang dipanaskan lagi bisa menimbulkan masalah pencernaan. Jika Anda benar-benar terpaksa ingin memanaskan ayam, sebaiknya panaskan dengan suhu rendah dan durasi lebih lama.

2. Jamur

Jamur merupakan salah satu jenis sayur yang tidak boleh dipanaskan lagi karena mengandung mikronutrien.

Saat jamur ditinggalkan dalam suhu ruang, bakteri bisa cepat tumbuh dan berkembang. Jika memang terpaksa tidak habis, sebaiknya jamur didinginkan dan segera disimpan di kulkas.

3. Kentang

Kentang bisa membuat bakteri penyebab botulisme yakni Clostridium botulinum, botulisme merupakan kondisi keracunan serius pada sistem saraf otak, tulang belakang dan saraf lain. Bakteri pun tidak bisa hilang selama proses memanaskan.

Kentang sebaiknya setelah dimasak dan tidak habis disantap, biarkan suhu kentang menurun. Kemudian letakkan di kulkas selama maksimal 3 hari. Idealnya, kentang bisa dinikmati lagi sebagai campuran salad.

4. Seledri

Seledri tak jarang jadi campuran masakan berkuah termasuk sup, soto, maupun bakso. Semua masakan ini nikmat disantap dalam kondisi hangat. Namun, seledri adalah salah satu makanan yang tidak boleh dipanaskan lagi.

Seledri mengandung nitrat yang tinggi. Jika dipanaskan, nitrat akan berubah jadi nitrit yang bisa meningkatkan risiko methemoglobinema saat masuk terlalu banyak ke dalam tubuh. Methemoglobinema sendiri merupakan kondisi saat nitrit dalam darah berinteraksi dengan hemoglobin dan zat besi sehingga tidak mampu membawa oksigen ke seluruh tubuh.

5. Seafood

Makanan laut alias seafood bisa dibilang cukup ‘rewel’ masalah keamanan. FDA menyebut, bakteri akan terbentuk jika seafood dibiarkan berada dalam suhu ruang selama lebih dari dua jam yang berisiko memicu keracunan makanan.

Jika terpaksa, Anda bisa memanaskan seafood dengan menyeluruh dan tidak didiamkan terlalu lama untuk menghindari kontaminasi.

6. Bayam

Bayam termasuk sayuran yang sangat disarankan untuk dikonsumsi. Di balik nutrisinya yang kaya, bayam bisa menjadi racun jika dipanaskan kembali. Bayam mengandung nitrat dan zat besi.

Saat dipanaskan, nitrat bisa berubah jadi nitrit dan zat-zat yang bersifat karsinogen (mengakibatkan kanker). Selain bayam, Anda pun sebaiknya tidak memanaskan bit.

7. Telur

Karena tinggi kandungan protein, sebaiknya Anda tidak memanaskan telur. Memanaskan protein dalam suhu tinggi bisa membuatnya berubah jadi racun sehingga menimbulkan masalah pada saluran pencernaan.

Sumber artikel : Primadaily.com, Bisa Jadi Racun, Ini 7 Makanan Yang Tidak Bisa Dipanaskan Kembali

Add a Comment