Makanan Ini Dapat Meredakan Wasir Secara Alami

Makanan Meredakan Wasir Alami

PrimaBerita – Wasir terjadi ketika pembuluh darah yang membengkak pada anus dan bagian bawah rektum menggumpal atau membengkak. Anda dapat meredakan wasir secara alami dengan beberapa makanan sehat ini.

Wasir biasanya akan datang dengan rasa sakit, nyeri, pendarahan hingga gatal yang jika tidak langsung anda tangani akan berpotensi memerlukan tindakan pemebedahan. Untuk, segera atasi dengan mengonsumsi beberapa makanan ini.

Berikut makanan yang dapat meredakan wasir secara alami :

Biji-bijian utuh

Biji-bijian sarat akan nutrisi karena mempertahankan dedak dan endosperm, yang sarat dengan komponen bermanfaat, seperti serat. Menurut studi dalam jurnal Nutrients, biji-bijian utuh kaya akan serat tidak larut, yang membantu menggerakkan pencernaan, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dengan wasir.

Biji-bijian ini mencakup jelai, jagung, quinoa, beras merah, gandum hitam, dan gandum. Oatmeal adalah pilihan sumber karbohidrat pengganti nasi yang sangat baik.

Labu

Labu merupakan buah yang dapat anda olah menjadi berbagai jenis hidangan. Memiliki beragam varietas, seperti labu kuning, zucchini, labu biji ek, labu butternut, dan labu kuning.

Tapi, varietas labu yang mengandung paling banyak serat adalah acorn squash, yang setiap cangkirnya mengandung 9 gram nutrisi pelawan wasir.

Sayuran kucifer

Sayuran kucifer, seperti brokoli, kembang kol, pakcoy, kangkung, lobak, dan kubis, selain karena sifat antikankernya juga karena tingginya kandungan serat tak larut.

Misalnya, menurut FoodData Central, satu cangkir brokoli mentah menyediakan sekitar 2 gram serat makanan tidak larut, yang dapat meningkatkan feses dan membuat kamu dapat buang air besar secara teratur. Terlebih, sayuran silangan ini mengandung glukosinolat yang dapat dipecah oleh bakteri usus.

Umbi-umbian

Umbi-umbian, seperti kentang, ubi, lobak, bit, dan wortel, merupakan makanan yang mengenyangkan dan kaya nutrisi. Tiap porsi makanan umbi-umbian juga menyediakan serat yang menyehatkan usus.

Menurut jurnal akademis Critical Reviews in Food Science and Nutrition, kebanyakan serat umbi tersimpan di kulit, jadi pastikan kamu menikmati umbi bersama dengan kulitnya.

Selain itu, kentang yang dimasak dan didinginkan mengandung pati resisten, yaitu sejenis karbohidrat yang melewati saluran pencernaan tanpa dicerna. Sehingga, pati resisten ini membantu memberi makan bakteri baik di usus.

Seledri

Seledri merupakan sayuran yang tinggi akan kandungan air dan serat, keduanya mampu melembutkan kotoran dan mengurangi kebutuhan untuk mengejan saat buang air besar. Menurut FoodCentral Data, satu batang seledri berukuran 28-31 cm menyediakan 1 gram serat dan terdiri dari 95 persen air.

Untuk menikmati sayuran tinggi nutrisi ini, anda bisa mengiris seledri dan memasukkannya ke dalam salad, sup.

Add a Comment