Mengenal Kacamata Anti Radiasi dan Manfaatnya

kacamata anti radiasi

PrimaBerita – Beberapa waktu belakangan, kacamata anti radiasi begitu penting bagi kaum pelajar maupun pekerja yang sering berkecimpung di depan layar komputer maupun laptop. Ditambah lagi karena mewabahnya virus corona ke Indonesia dan ke berbagai belahan dunia lainnya. Sehingga mengharuskan sebagian besar orang melakukan berbagai aktivitas secara daring atau virtual. Oleh karena itulah kacamata anti radiasi berfungsi untuk melindungi kesehatan mata.

Sebagaimana kita ketahui mata adalah salah satu organ paling penting bagi kehidupan. Dengan mata yang sehat seseorang bisa melihat dunia lebih luas lagi dan berbagai kegiatan bisa dikerjakan dengan baik. Untuk itulah penting memastikan mata agar tetap sehat dan terlindungi.

Tips Memilih Kacamata Anti Radiasi

Saat ini cukup banyak terjual produk kaca mata anti radiasi dengan desain khusus. Sehingga kacamata anti radiasi ini memiliki perbedaan yang cukup jelas dengan lensa kacamata biasanya. Agar tidak salah, berikut tips memilih kacamata anti radiasi.

  • Mempunyai Bingkai dan Lensa Berukuran Besar

Saat hendak membeli sebaiknya pertimbangkan bagian ukuran bingkai dan lensanya. Kacamata dengan lensa dan bingkai lebih besar bisa menutupi area sekitar mata.

  • Mampu Menghalau Radiasi

Lensa berbahan plastik pada dasarnya hanya dapat menghalau sedikit sinar ultaviolet. Namun penambahan lapisan khusus pada lensa merupakan sebuah cara untuk menghalau sinar UV secara total. Oleh sebab itu saat memilih kacamata hitam, pastikan bahwa kacamata telah terlengkapi oleh lapisan khusus. Cobalah lihat label 400 nm pada produk kacamata tersebut.

  • Memiliki Lensa yang Terpolarisasi

Kacamata dengan lensa terpolarisasi atau polarized lens mampu menghalau silaunya sinar matahari yang terpantul. Maka demi kenyamanan aktivitas sehari-hari cobalah menggunakan kacamata yang terpolarisasi.

  • Terbuat dari Lensa yang Baik

Cara mengetes lensa yang baik cukup mudah yakni kenakan terlebih dahulu kacamata lalu pegang gelas pada jarak ideal dari pandangan. Lihatlah apakah terlihat suatu pola persegi atau garis lurus sambil menutup sebelah mata. Lantas pindahkan gelas tersebut secara perlahan dari satu sisi ke sisi lain. Serta ke sisi atas maupun bawah. Jika garis yang anda lihat tetap lurus maka lensa termasuk lensa yang baik.

Add a Comment