Jokowi Hadiri KTT Ke-37 ASEAN, Apa Saja Kesepakatan yang Dihasilkan?

Jokowi Hadiri KTT Ke-37 ASEAN

PrimaBeritaPresiden RI, Joko Widodo atau Jokowi menghadiri KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) ke-37 ASEAN dengan sejumlah negara mitra. Dan pada hari ketiga KTT ASEAN ini, Jokowi dari istana kepresidenan Bogor mengikuti serangkaian acara lewat konferensi video.

Melansir dari IDN Times, adapun pertemuan KTT ASEAN – Selandia Baru mengawali rangkaian KTT ASEAN dengan mitra. Setelah itu presiden akan menghadiri KTT dua tahunan ASEAN – Australia lalu KTT ke-23 ASEAN Plus Three. Setelah itu akan melanjutkan pertemuan pemimpin APT (ASEAN Plus Three) dengan perwakilan EABC (East Asia Business Council).

Sementara itu mengutip dari keterangan sekretariat presiden, pada sore hari presiden Jokowi akan menghadiri upacara peluncuran ASEAN Smart Logistic Network dengan First Project Vihn Phuc ICD Logistic Center. Sedangkan pada malam harinya, presiden Jokowi juga akan menghadiri KTT lainnya yakni KTT ke-15 Asia Timur.

Lihat Juga: Presiden Jokowi Hadiri KTT Luar Biasa G20 Virtual di Istana Bogor

Namun terkait KTT ASEAN ke-37 dengan mitra ini, sejumlah kesepakatan akan muncul. Melansir dari siaran pers Kemenlu, kesepakatan tersebut antara lain:

a. Joint Statement on Human Capital Development tentang pembangunan kapasitas SDM. Yakni melalui pendidikan, ekonomi kemasyarakatan, kesehatan, hingga peningkatan teknologi.

b. Joint Statement of the Second ASEAN – Australia Biennial Summit.

c. Joint Statement on Enhancing Cooperation under FTA and Combating COVID-19 terkait komitemen bersama dalam mengurangi efek pandemi. Baik terhadap perdagangan, regional dan memulihkan kepercayaan ekonomi dan perdagangan, fasilitas perdagangan serta pertukaran informasi, maupun investasi global.

d. Joint ASEAN – New Zealand Leaders Vision Statement on the 45th Anniversary of ASEAN – New Zealand Dialogue Relations.

e. Joint Statement of the 23rd ASEAN – Japan Summit on Cooperation on ASEAN Outlook on the Indo – Pacific (AOIP). Yang mana kesepakatan ini merupakan sebagai bentuk realisasi AOIP.

Lainnya, KTT Asia Timur juga akan menghasilkan lima dokumen kesepakatan yang salah satunya yakni menekankan kerjasama bidang ekonomi dan keuangan dalam mendukung ketahanan kawasan.

Add a Comment