Oregano Jangan Diabaikan, Ini Manfaat Oregano Bagi Kesehatan

Manfaat Oregano Bagi Kesehatan

PrimaBerita – Oregano bisa dijaikan sebagai bahan penyedap makanan, namun sudah tahukah anda apa saja manfaat oregano bagi kesehatan tubuh manusia? Manfaat tersebut pun sayang sekali untuk kita lewatkan.

Oregano atau dalam istilah lainnya pot marjoram adalah sebuah tanaman biasa yang bisa melengkapi suatu olahan masakan, misalnya spaghetti. Tumbuhan oregano ini juga dapat tumbuh memanjang sekitar 20 hingga 80 cm. Selain itu oregano kaya akan berbagai kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalium, kalsium, serta magenesium. Sehingga bagus untuk kesehatan tubuh. Yuk langsung simak apa saja khasiat atau manfaat dari oregano bagi kesehatan manusia.

Manfaat Oregano Bagi Kesehatan Manusia

  • Melawan Bakteri Penyebab Penyakit

Kandungan yang terdapat pada oregano bisa membantu melawan bakteri penyebab penyakit. Melalui sebuah penelitian mengatakan bahwa minyak esensial oregano dapat menghambat pertumbuhan bakteri e-coli dan juga pseudomonas aeruginosa. Namun begitupun penelitian ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

  • Meredakan Batuk dan Flu

Walau masih memerlukan penelitian lebih lanjut, oregano diyakini bisa meredakan flu maupun batuk. Caranya teteskan minyak oregano secukupnya ke dalam wadah berisi air hangat. Lalu anda bisa memandikan air campuran ini atau menghirup uap campuran.

  • Menangkal Radikal Bebas

Minyak esensial oregano juga mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan oksidatif jaringan tubuh manusia. Mengonsumsi makanan-makanan yang tinggi antioksidan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit serta bisa mengurangi resiko terjadinya kanker.

  • Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Manfaat oregano bagi kesehatan selanjutnya yaitu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebuah penelitian klinis menujukkan bahwa mengonsumsi oregano sesudah makan selama 3 bulan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Serta meningkatkan kadar HDL pada penderita kolesterol tinggi.

  • Membantu Proses Penyembuhan Luka Operasi

Khasiat yang satu ini juga tak kalah penting yakni dapat membantu proses penyembuhan luka operasi melalui salep yang mengandung ekstrak oregano. Bahkan ini lebih efektif ketimbang petroleum jelly. Namun demikian dalam hal ini efektivitas oregano ini juga masih perlu penelitian lebih lanjut.

Add a Comment