Ini 10 Alasan Anda Harus Menghilangkan Sifat Pemalu

PrimaBerita – Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya malu. Kemudian jika seseorang tersebut melakukan hal-hal yang konyol akan malu situasional. Namun ada juga yang secara alami memiliki sifat pemalu dan ada alasan mengapa anda harus menghilangkan rasa malu itu.

Sifat pemalu dapat menghalangi seseorang untuk berinteraksi dan berekspresi. Hal ini sebenarnya kurang menguntungkan bagi pemalu.

Berikut Alasan Anda Harus Menghilangkan Sifat Pemalu

1. Percaya Diri Berkurang

Jika anda pemalu, anda cenderung kurang percaya diri karena tidak berani mencoba melakukan hal yang seharusnya bisa anda lakukan dengan alasan malu.

2. Kesempatan untuk Bersosialisasi berkurang

Rasa malu dapat membuat anda sulit untuk bersosialisasi. Orang-orang akan lebih mudah untuk mengenal anda jika anda sering terlibat dalam interaksi sosial. Saat anda menghindari interaksi dengan orang-orang, mereka mungkin berpikir bahwa anda adalah orang yang “tidak ingin ada yang ganggu”.

3. Sulit untuk Mendapatkan Bantuan

Rasa malu bisa menyebabkan anda sungkan untuk menceritakan permasalahan yang dialami. Hal ini menyebabkan anda sulit untuk mendapatkan bantuan saat menghadapi suatu problem. Padahal banyak orang yang mungkin dapat membantu atau setidaknya memberikan saran dan masukan untuk memecahkan masalah tersebut.

4. Mengurangi Kesempatan Melakukan Hal Positif

Ada banyak kegiatan positif yang mungkin anda lewatkan saat anda malu untuk ambil bagian dalam aktivitas kolektif. Anda mungkin cenderung tidak mengikuti kegiatan positif seperti mencari sumbangan, menjadi suporter pertandingan, kampanye, dan lain sebagainya.

5. Tidak Ada yang Tertarik

Jika anda pemalu, orang mungkin menilai anda tidak berminat atau tidak memiliki kemampuan dalam hal yang justru anda kuasai atau anda minati. Contoh sederhana, orang lain mungkin tidak tahu anda suka menyanyi jika anda tidak pernah menunjukkan kemampuan menyanyi anda.

6. Lupa akan Kelebihan Sendiri

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Apabila rasa malu menghambat anda untuk mengeksplorasi kelebihan anda. Beberapa profesi sangat mengandalkan rasa percaya d!ri seperti penyanyi, musisi, penari, mc, salesman, dan lain sebagainya.

7. Menimbulkan Salah Tafsir

Sifat pemalu dapat menimbulkan salah tafsir khususnya bagi orang yang baru mengenal anda. Kadang ada orang yang menilai bahwa anda memanfaatkan sifat pemalu anda sebagai alasan untuk menolak melakukan hal tertentu.

8. Mengalahkan Keperluan dan Keinginan

Sifat pemalu mungkin saja mengalahkan keperluan atau keinginan anda. Anda mungkin pernah mendengar ungkapan “malu bertanya, sesat di jalan”, atau “malu PDKT, jomblo berkepanjangan”.

9. Cenderung Mencari Aman

Jika anda pemalu, anda mungkin tidak cukup idealis dalam mengemukakan pendapat atau menggunakan hak suara. Misalnya jika anda menjadi anggota suatu organisasi, anda mungkin tidak terlalu peduli mengenai siapa yang terpilih menjadi pengurus organisasi, karena anda berprinsip ABS (asal bukan saya).

10. Cenderung Bersikap Pasif

Kemudian, sifat pemalu juga dapat membuat anda bersikap pasif pada kondisi yang anda alami. Misalnya anda malu untuk meminta kembalian uang yang kurang, anda malu untuk menujukkan anda berhak mendapatkan santunan, atau anda malu untuk memperjuangkan hak-hak anda.

Add a Comment