Mudah Didapatkan, Ini 7 Sayuran Penurun Darah Tinggi

sayuran penurun darah tinggi 

PrimaBerita – Faktor risiko paling umum yang bisa anda cegah adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Anda bisa mencegahnya dengan sayuran penurun darah tinggi.

Dengan menerapkan gaya hidup yang sehat, termasuk modifikasi pola makan, dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah ke kisaran optimal dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Memasukkan makanan tertentu seperti sayuran ke dalam makanan Anda, terutama yang tinggi nutrisi akan mengurangi tingkat tekanan darah Anda.

Melansir berbagai sumber, Berikut sayuran penurun darah tinggi  :

Bayam

Sayur ini kaya akan nitrat,  juga mengandung dengan antioksidan, kalium, kalsium, dan magnesium.

Sup bayam juga menurunkan kekakuan arteri, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Seledri

Makanan penurun darah tinggi berikutnya yakni seledri. Seledri adalah sayuran populer yang memiliki efek positif pada tekanan darah.

Kemudian, sayuran ini mengandung senyawa yang disebut phthalides, yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah.

Brokoli

Sayur ini memiliki efek menguntungkan pada kesehatan, termasuk kesehatan sistem peredaran darah Anda.

Brokoli kaya dengan antioksidan flavonoid, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh.

Wortel

Sayuran termasuk sayuran pokok dalam makanan banyak orang. Wortel mengandung senyawa fenolik tinggi, seperti asam klorogenik, p-coumaric, dan caffeic, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Meskipun wortel dapat anda nikmati dengan memasaknya, memakannya mentah mungkin lebih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Bit

Sayur Bit tinggi nitrat, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan dapat menurunkan tekanan darah.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menambahkan bit ke dalam makanan Anda dapat membantu meningkatkan tekanan darah yang sehat.

Sebagai contoh, sebuah penelitian selama 2 minggu pada 24 orang dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa mengonsumsi 8,4 ons (250 mL) jus bit dan 8,8 ons (250 gram) bit yang dimasak secara signifikan menurunkan tekanan darah.

Swiss Chard

Sayuran berdaun hijau ini memiliki nutrisi pengatur tekanan darah, termasuk kalium dan magnesium.

Magnesium penting untuk regulasi tekanan darah yang membantu mengurangi tekanan darah melalui beberapa mekanisme, termasuk dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami, yang menghalangi pergerakan kalsium ke dalam sel jantung dan arteri, memungkinkan pembuluh darah rileks.

Tomat

Tomat kaya akan banyak nutrisi, termasuk potasium dan pigmen likopen karotenoid.

Likopen secara signifikan dikaitkan dengan efek menguntungkan pada kesehatan jantung, dan makan makanan tinggi nutrisi ini, dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

 

Add a Comment