Cara Ampuh Untuk Mengurangi Kecanduan Kafein

PrimaBerita –  Kafein memang memberi manfaat bagi kesehatan tubuh namun jika berlebihan akan memberi dampak buruk. Untuk lakukan beberapa cara ampuh ini untuk mengurangi kecanduan kafein.

Aroma dan rasa kopi sangat mujarab membuat orang melek pada pagi hari. Karenanya banyak orang kecanduan kafein yang ada pada kopi. Jumlah kopi yang mereka minum pun semakin bertambah.

Kebanyakan asupan kopi bisa membuat kepala pusing dan jantung berdebar-debar. Karenanya asupan kafein direkomendasikan tak lebih dari 400 mg per hari atau 4-5 cangkir kopi.

berikut Cara Ampuh Untuk Mengurangi Kecanduan Kafein

1. Lakukan perlahan

Ahli gizi menyarankan untuk mengurangi kafein secara perlahan, caranya secara bertahap agar tubuh tidak mengalami syok dan menjadi terbiasa dengan asupan rendah kafein.

Mulailah hitung asupan kafein total harian lalu bagi menjadi dua. Jadi jika biasanya minum kopi 4 cangkir sehari, kurangi menjadi dua cangkir pada minggu pertama.

Selain itu bisa juga anda lakukan pengurangan porsi kopi, misalnya menjadi 3/4 cangkir per kali minum.

Jika biasanya anda minum 240 ml kopi dua kali sehari, ubah menjadi 180 ml dua kali sehari selama seminggu. Kemudian kurangi menjadi 60 ml tiap kali minum.

2. Cobalah cari alternatif pengganti

Jika rasa dan aroma kopi sudah melekat kuat sehingga sudah anda hilangkan, anda bisa beralih ke kopi decaf. Tetapi ingat kopi decaf masih mengandung 2-15 mg kafein per cangkirnya, menurut FDA.

Cobalah ganti kopi dengan teh hijau yang kandungan kafeinnya 28 mg per cangkir. Bisa juga anda mencoba berbagai minuman ‘bebas kafein’ yang rasanya mirip dengan kopi.

3. Cari cara lain untuk menambah energi

Dengan sedikit usaha ada banyak cara alami untuk mendapatkan efek yang sama dengan kafein. Seperti minum minuman bersoda. Atau alihkan pikiran dengan olah raga, meditasi yang bisa meningkatkan energi dan fokus.

Jalan kaki teratur, atau meditasi selama 10 menit bisa jadi pilihan. Aktivitas itu memberi energi pada tubuh dan tidak melulu harus dari kafein. Perlahan-lahan hal tersebut menjadi kebiasaan baru menggantikan secangkir kopi.

Add a Comment