Sudah Tau Belum? Ini Fungsi Telur dalam Pembuatan Kue

PrimaBerita – Saat akan membuat kue, bahan yang paling utama selain tepung adalah telur.ย  Namun sudah tahukah anda apa fungsi telur dalam pembuatan kue?. Telur memiliki peran penting dalam pembuatan kue.

Sudah tidak bisa anda pungkiri lagi, setiap membuat kue pasti tidak lepas dari telur terutama kue bolu atau kue ulang tahun. Mengutip dari Thekitchn, telur memegang peranan penting dalam resep kue, meringue hingga pastry karena menciptakan struktur dan stabilitas adonan. Melansir dari Baker Bettie, penggunaan telur utuh, kuning telur saja dan putih telur saja juga berbeda efeknya dalam membuat kue.

Telur juga merupakan salah satu dari sedikit makanan yang harus anda klasifikasikan sebagai makanan super. Sebab sarat dengan nutrisi, beberapa antaranya langka dalam makanan modern.

Berikut fungsi telur dalam pembuatan kue

Telur utuh

Mengandung lemak dan protein, menggunakan telur secara utuh bertindak sebagai lem atau bahan pengikat yang menyatukan adonan bahkan memberikan kelembapan pada kue dan makanan yang anda panggang.
Telur utuh memberikan struktur lembut pada kue. Bisa menambahkan cita rasa, warna dan aroma pada makanan.
Dalam hal pembuatan saus dan custard, tugasnya adalah mengemulsi dan mengentalkan.

Kuning telur

Terdiri dari lemak dan protein, kuning telur berperan sebagai pengemulsi pada makanan, yaitu menggabungkan cairan dan lemak menjadi satu adonan yang baik. Kuning telur juga memberikan rasa dan warna keemasan yang menarik saat andapanggang. Juga berperan mengentalkan campuran, menciptakan tekstur gel kenyal.

Putih telur

Terdiri dari air dan protein, putih telur yang anda kocok mengembang menjadi busa membantu menciptakan kesan bersih dan mengembangkan adonan, mulai dari cake hingga souffle.

Selain itu juga menjadi menguat rasa alami yang tidak mengubah warna dan rasa bahan makanan utama. Putih telur bisa anda gunakan begitu saja sebagai krim atau bahan utama saat membuat meringue.
Karena putih telur tidak mengandung lemak, kue yang anda panggang akan menciptakan hasil lebih kering. Namun jika dikombinasikan dengan gula, akan memberi kelembapan pada kue.

Add a Comment