Tips Mengatasi Malas Bangun Pagi Setiap Hari

Tips Mengatasi Malas Bangun Pagi Setiap Hari

PrimaBerita – Bagi anda yang keseringan malas bangun pagi, cobalah untuk menerapkan beberapa hal demi mengatasi rasa malas tersebut. Sebab bagi kalangan medis kondisi kesulitan bangun pagi disebut dengan dysania. Nah bila itu terjadi tentu berbagai aktivitas menjadi terhalang atau bahkan anda akan terlambat pergi ke sekolah ataupun ke kantor.

Pun demikian ada beberapa penyebab seseorang malas bangun pagi yaitu:

  • Kebiasaan Sejak Kecil

Mungkin sejak kecil anda sudah dimanjakan oleh orangtua untuk bangun tidak sesuai dengan waktunya. Atau anda bebas untuk mengatur jadwal sendiri sehingga hal ini bisa menjadi salah satu kebiasaan.

  • Kebiasaan Begadang

Kebiasaan begadang juga dapat menjadi faktor seseorang malas bangun pagi atau terlambat bangun. Apalagi bagi orang yang tidak tidur hingga subuh tiba.

  • Mengingat Bahwa Hari Ini Hari Libur

Saat hari libur orang-orang memang tak sedikit untuk melonggarkan jadwal bangun paginya. Mereka akan malas untuk bangun pagi karena tak ada kegiatan yang menghadang saat pagi hari.

Namun meski bagitu berikut ini ada sejumlah tips mengatasi malas bangun pagi.

Pastikan Jam Tidur yang Baik

Tips yang pertama yaitu memastikan jam tidur yang baik karena beberapa orang masih tidak sadar akan jam tidurnya setiap hari. Jadi untuk itu pastikanlah jam tidur anda antara 6 sampai 8 jam setiap hari (bagi orang dewasa). Sementara bagi anak-anak pastikan untuk tidur minimal 9 jam setiap hari.

Mengurangi Aktivitas Pada Malam Hari

Mengurangi aktivitas pada malam hari juga perlu. Jadi cobalah kurangi melakukan kegiatan yang tidak penting yang berpotensi membuat anda begadang hingga larut malam.

Buat Daftar Kegiatan Untuk Besok

Luangkan waktu anda sejenak untuk membuat daftar kegiatan esok hari sebelum tidur. Rencanakan kegiatan apa saja yang harus anda lakukan pada esok hari dan buatlah target. Sebab hal ini juga bisa membantu anda untuk terhindar dari rasa malas bangun pagi.

Jauhkan Gadget

Anda juga perlu menjauhkan gadget sesaat sebelum tidur atau bahkan saat tidur, misalnya handphone. Karena ketiga gadget berbunyi saat anda sedang tidur maka hal ini bisa mengganggu aktivitas tidur malam anda. Atau ketika anda bermain gadget sambil rebahan pada kasur saat malam hari bisa saja memicu aktivitas begadang.

Buat Alarm

Alarm juga bisa membantu seseorang untuk bangun pagi sesuai jadwal. Atau anda juga bisa menyetel alarm untuk berdering lebih cepat 15 menit misalnya dari jam bangun anda. Dengan cara ini anda juga menjadi memiliki waktu untuk bersantai sejenak setelah bangun tidur dan mulai memikirkan apa yang akan anda lakukan setelah anda bangun.

Add a Comment