Manfaat Daun Kumis Kucing, Mulai dari Kaya Anti Oksidan Hingga Obati Diabetes

daun kumis kucing

PrimaBerita – Daun kumis kucing diklaim sebagai obat herbal yang memiliki banyak manfaat. Tanaman ini juga banyak tumbuh di Indonesia.

Nama latin tanaman kumis kucing yaitu orthosiphon aristatus yang masuk dalam keluarga lamiaceace (tumbuhan berbunga). Seperti namanya, tanaman kumis kucing memang menyerupai kumis pada hewan kucing. Sebab kumpulan sari bunga yang panjang dan menjulur dari dua sisi tampak seperti kumis pada kucing.

Pun demikian, tumbuhan kumis kucing terbagi ke dalam 2 jenis yakni kumis kucing yang berbunga warna ungu dan yang berbunga warna putih. Namun bukan pada bagian bunga kumis kucing yang memiliki manfaat kesehatan melainkan daunnya. Berikut manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan.

Mengobati Encok & Asam Urat

Kandungan enzim seperti flavonoid serta asam alami dalam daun kumis kucing dapat membantu seseorang dalam mengurangi rasa sakit. Manfaat kumis kucing bisa mengobati encok tubuh maupun asam urat.

Kaya Antioksidan

Studi menunjukkan bahwa daun tanaman kumis kucing kaya akan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas. Hal ini juga berkat kandungan fenol dan kandungan terpenoid. Sehingga komponen ini mampu menangkap radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan organ maupun sel dalam tubuh manusia.

Antijamur

Kumis kucing memiliki senyawa yang dapat mencegah pertumbuhan jamur maupun parasit dalam tubuh bahkan dapat menghentikan pasokan nutrisi jamur.

Mengurangi Penumpukan Cairan

Daun dari tanaman kumis kucing berkhasiat untuk mengurangi penumpukan cairan tubuh yang keluar melalui urine. Bisanya obat diuretik untuk menurunkan tekanan darah, mengobati glaukoma, gangguan jantung kongestif, serta mengobati pembengkakan kaki.

Mengobati Masalah Pernfasan

Daun tanaman kumis juga bisa kita manfaatkan untuk mengobati masalah pernafasan seperti asma. Kandungan antikosidan yang kuat dalam daun kumis mampu melawan peradangan yang menimbulkan masalah penyakit pernafasan.

Mengobati Diabetes

Sejumlah studi juga mendapati bahwa khasiat daun kumis bisa untuk mengobati penyakit ini. Ekstrak daun kumis bahkan mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah hingga 35%. Selain itu manfaat lainnya adalah menginduksi sekresi insulin. Pun dengan antioksidan dalam daun tanaman kumis berfungsi memperlambat perkembangan penyakit kencing manis beserta komplikasinya.

Add a Comment