Manfaat Baik Kopi Hitam Untuk Kesehatan

Manfaat Kopi Hitam untuk kesehatan

PrimaBerita – Kopi hitam memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Kopi hitam bisa  anda andalkan untuk mengatasi depresi, liver, kanker, hingga diabetes. Hanya saja, manfaat ini bisa anda dapat dengan mengonsumsinya tanpa tambahan apapun. Murni kopi hitam tanpa gula, susu, madu, dan lain sebagainya.

Kandungan kafein berlebihan juga tak baik untuk kesehatan. Hanya saja, masih ada kandungan antioksidan, antikanker, antiinflamasi, dan antikarsinogen.

berikut Manfaat Baik kopi hitam untuk kesehatan

Mencegah Depresi

Sebuah penelitian yang Harvard pada tahun 2011. Wanita yang minum 4 cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah mengalami depresi.

Penelitian pada 208.424 orang menemukan bahwa mereka yang minum 4 cangkir per hari adalah 53 persen. Orang-orang ini lebih kecil kemungkinannya meninggal karena bunuh diri. Hal ini  karena manfaat kopi hitam atasi depresi.

Kopi hitamlah yang akan memberikan pengaruh zat kimia pada otak. Pengaruh ini akan membuat seseorang lebih waspada. Hingga membuat neurotransmitter dan membantu tubuh melawan gejala stres. Hanya saja perlu menghindari konsumsi yang berlebihan karena bisa sebabkan kecanduan.

Mmebantu Otak Aktif

Memiliki kesehatan otak yang baik memang kunci produktivitas. Kesehatan otak ini bisa didapat dari manfaat kopi hitam. Kafein dalam kopi hitam bisa menjadi stimulan psikoaktif yang bereaksi dengan tubuh.

Kopi hitam bisa membantu otak tetap aktif hingga memori otak bisa benar-benar terjaga. Hal ini pun bisa membantu menjaga saraf tetap aktif dan bisa mencegah demensia. Beberapa penelitian pun mengungkap kopi hitam bisa kurangi risiko alzheimer.

Menurunkan Berat Badan

Kopi hitam sangat baik untuk proses penurunan berat badan. Meski begitu, perlu anda ingat bahwa kopi hitam harus anda konsumsi tanpa gula.

Minuman ini dapat membantu meningkatkan metabolisme hingga 50 persen. Begitu juga dapat membantu membakar lemak pada perut. Zat antioksidan yang terdapat dalam kafein kopi hitam dapat membakar lemak dalam tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan laju metabolisme. Kemudian dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10 persen pada orang gemuk dan 29 persen pada orang kurus. Manfaat ini bisa anda dapat dengan mengonsumsinya dalam jangka waktu yang panjang.

Minumlah kopi sebelum melakukan olahraga seperti berlari ataupun jogging. Terutama pada 30 menit sampai satu jam setelah kopi anda minum. Waktu tersebut merupakan waktu terbaik untuk membakar lemak secara cepat.

Meningkatkan Fungsi Hati

Manfaat kopi hitam yang dapat menjaga dan meningkatkan fungsi hari memang jarang sekali anda ketahui. Hanya saja, kopi hitam ini berdampak jika anda konsumsi tanpa gula sama sekali. Hingga masalah hepatitis dan kanker bisa anda hindari.

Diabetes

Masalah diabetes bisa anda atasi dengan mengonsumsi kopi hitam tanpa gula. Minum kopi hitam mengurangi risiko diabetes tipe 2. Kopi hitam ini ampuh mengatur insulin pada calon penderita diabetes.

Memperbaiki Mood

Kopi dapat memperbaiki mood dengan mengonsumsi kopi hitam tanpa gula dan dengan porsi pas. Ada pula yang mengatakan bahwa kopi hitam dapat membantu menjaga pikiran dan tubuh tetap awet muda. Paling tidak konsumsi dua kali sehari. Mengonsumsinya dengan porsi ini bisa mencegah penyakit Parkinson.

Manfaat ini berasal dari kandungan kafein dalam kopi hitam yang dapat meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh. Dopamin juga dapat secara efektif meningkatkan suasana hati.

Meningkatkan Energi

Kandungan kafein yang ada dalam segelas kopi hitam bisa membuat pengonsumsinya tak mudah lelah. Hingga ketika mengonsumsinya pada pagi hari, produktivitas benar-benar bisa terjaga.

Stimulan yang terkandung dalam kopi hitam akan mampu meningkatkan kadar adrenalin dalam darah manusia. Kopi hitam ini efektif membantu persiapkan tubuh untuk beraktivitas secara intens. Satu hal yang perlu menjadi catatan, konsumsi makanan penyeimbang juga perlu anda lakukan agar lebih maksimal.

Kanker

Antikanker kopi hitam bisa menurunkan risiko kanker kolorektal. Kopi hitam juga sangat berpengaruh menurunkan risiko kanker hati hingga 40%. Menurut The British Liver Trust, kopi  baik untuk kesehatan hati. Studi lain juga menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko kanker hati hingga 40 persen lebih rendah.

Senyawa yang terdapat di dalam kopi memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, antikarsinogen. Hanya saja, tak disarankan mengonsumsi kopi hitam dalam jumlah yang terlalu banyak. Terutama bagi orang-orang tertentu seperti wanita hamil. Pastikan tetap menjaga pola makan dan pola hidup sehat sebagai penunjangnya.

Add a Comment