Begini Cara Membersihkan Masker Kain dengan Tepat

Cara Membersihkan Masker Kain

PrimaBerita – Masker kini menjadi perlengkapan wajib saat keluar rumah ketika pandemi covid-19. Oleh karena itu anda harus  rutin mencuci masker kain yang telah selesai anda gunakan. Namun membersihkan masker kain harus dengan cara yang tepat.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menekankan pentingnya mencuci masker secara teratur. Selain itu, publik juga mengingatkan untuk selalu memakai dan melepas masker dengan cara yang benar. Lalu, mencuci tangan setiap kali memegang atau menyentuh masker bekas.

Untuk memastikan masker higienis, berikut cara membersihkan masker kain dengan tepat.

Membersihkan masker dengan mesin cuci

Anda bisa memasukkan masker kain ke mesin pencuci biasa. Gunakan deterjen seperti biasa saat mencuci pakaian. Sesuaikan pengaturan air hangat dengan jenis kain bahan masker.

Ikuti prosedur membersihkan dengan mesin cuci sebagaimana mestinya.

Membersihkan masker dengan mencuci secara manual

Selain menggunakan mesin cuci, Anda juga bisa membersihkannya dengan mencuci atau menggosok menggunakan tangan. CDC merekomendasikan untuk menggunakan pemutih rumah tangga, tapi sebelum itu perhatikan beberapa hal.

Pertama, periksa terlebih dulu label kandungan untuk mengetahui apakah pemutih yang Anda pakai untuk desinfeksi. Sebab beberapa pemutih ada untuk keperluan warna pakaian, dan ini boleh jadi tak sesuai untuk fungsi desinfeksi.

Gunakan pemutih yang mengandung 5,25% hingga 8,25% natrium hipoklorit. Jangan gunakan produk pemutih jika persentasenya tidak dalam kisaran ini. Pastikan produk pemutih juga tak melewati tanggal kedaluwarsa.

Jangan pernah mencampur pemutih rumah tangga dengan amonia atau pembersih lainnya. Pastikan ventilasi pun memadai.

Siapkan larutan pemutih dengan mencampurkan lima sendok makan pemutih untuk satu galon atau satu bak air. Atau, empat sendok teh pemutih untuk satu liter air.

Rendam masker ke larutan pemutih setidaknya selama lima menit. Jika sudah, buang larutan pemutih ke saluran pembuangan dan bilas masker secara menyeluruh dengan air dingin. Pastikan masker benar-benar kering setelah dicuci

Cara Mengeringkan Masker

Ada dua cara untuk mengeringkan masker, bisa dengan pengering atau menjemurnya. Jika menggunakan pengering, gunakan pengaturan panas tertinggi dan biarkan masker sampai benar-benar kering.

Sementara jika dijemur, pastikan masker mendapatkan udara atau angin-angin secara merata, sampai betul-betul kering. Jika memungkinkan, letakkan matahari langsung di bawah sinar matahari.

Dikutip dari laman Hopkins Medicine, Anda direkomendasikan untuk membersihkan masker setiap kali setelah pemakaian. Ini untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona atau kuman lain.

Yang penting, jika masker Anda lembab, basah, atau terlihat kotor maka saat itu juga adalah waktu yang tepat untuk mencucinya dan mengganti dengan masker baru.

Add a Comment