Begini Cara Melindungi Ponsel Android dari Serangan Hacker

Cara Melindungi Ponsel dari Hacker

PrimaBerita – Pemilik Android harus hati-hati karena banyaknya penggunanya menjadikan penjahat siber atau hacker suka berselancar pada ponsel anda. Untuk itu, lakukan cara untuk melindungi ponsel android anda dari serangan hacker.

Biasanya para hacker membobol ponsel anda untuk mencuri data-data perning untuk mengambil keuntungan. Misalnya membobol kartu kredit anda atau bahkan tujuannya untuk memata-matai anda. Jake Moore selaku Security Specialist di Eset membagikan 4 tips sederhana agar ponsel anda terlindungi.

Berikut Cara Melindungi Ponsel Android dari Serangan Hacker

 Rajin Update

Pertama, pastikan smartphone update dengan pembaharuan sistem operasi terkini. Karena dengan pembaharuan firmware sistem operasi terbaru yang akan menjaga ponsel anda terlindungi dari ancaman terkini.

Jadi jangan malas, langsung saja update jika ponsel Android memberi pembaharuan software paling anyar. Biasanya pemberitahuan update akan masuk secara otomatis. Tapi tidak ada salahnya sekali-sekali mengecek pada menu setting untuk melihat apakah ada update terbaru.

Download Password Manager

Download aplikasi Password Manager akan sangat membantu mengontrol password yang anda gunakan pada banyak layanan. Password manager dapat menyarankan password yang kuat dan memantau apakah kalian memakai password yang sama pada website lain. Selain itu bisa pula memantau semua gadget yang anda pakai serta browser.

Setelah mendownload password manager nyalakan otentifikasi dua faktor pada semua akun yang menawarkannya, yang seharusnya ada pada kebanyakan aplikasi dan akan mengamankannya dari hacker bahkan meskipun password sudah d!dapat.

Download Aplikasi Anti Virus

Banyak vendor anti virus kenamaan membuat aplikasi mobile untuk mengamankan ponsel Android anda. Cukup pilih dari perusahaan yang sudah bereputasi tinggi untuk melindungi smartphone, misalnya Norton, Bitdefender atau Kaspersky. Tak ada salahnya pula membaca review anti virus mana yang paling ampuh.

Buat Password yang Kuat

Membuat password yang kuat pada aplikasi atau layanan apapun mutlak anda perlukan. Jangan terpengaruh dengan password yang mudah diingat saja dan berhubungan erat dengan anda. Hacker akan dengan mudah menebaknya.

Cobalah untuk menggunakan password yang tidak ada hubungannya dengan anda. Biasanya kebanyakan orang-orang menggunakan password dengan tahun lahir. Tentu saja hal tersebut mudah untuk ditebak.

Add a Comment