Cara Mengatasi WhatsApp yang Tidak Bisa Anda Buka

mengatasi WhatsApp tidak bisa buka

PrimaBerita – Setiap aplikasi tentu memiliki kekurangannya masing-masing, tidak semua baik-baik akan lebih baik jika anda menggunakannya dengan bijak. Seperti aplikasi WhatsApp, mungkin beberapa orang kerap mengalami kendala. Salah satunya tidak bisa anda buka, namun ada beberapa cara untuk mengatasi WhatsApp yang tidak bisa anda buka.

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui penyebabnya.ย  Ada banyak penyebab kendala ini bisa terjadi, seperti berikut ini:

Sistem ponsel Sudah Tidak Mendukung

Sistem operasional atau OS pada ponsel Anda sudah tak lagi mendukung, ponsel anda harus memiliki spesifikasi tertentu agar aplikasi dapat berjalan maksimal. WhatsApp mensyaratkan ponsel Anda haruslah Android 4.0 dan IOS 8.

Tidak Rutin Melakukan Update Aplikasi

WhatsApp sering kali meminta pengguna melakukan pembaharuan sistem pada Playstore. Pembaharuan bertujuan memperbaiki kinerja sistem dari bugs. Sebelum melakukan pemberitahuan terlebih dahulu terkait pembaharuan sistem yang harus Anda unduh biasanya akan ada notifikasinya.

Cache Menumpuk Terlalu Banyak

Cache pada WhatsApp memakan kapasitas daya simpan ponsel Anda. Untuk itu, bersihkan cache secara berkala agar aplikasi dapat berjalan baik.

Tak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus cache dari aplikasi lain, Anda dapat melakukannya dari melalui menu pengaturan.

Kartu SIM Bermasalah

Terkadang karena suatu sebab kartu SIM menjadi error dan membuat jaringan internet dan nomor kontak hilang atau tidak terbaca oleh WhatsApp.

Anda tidak perlu buru-buru mengganti kartu SIM baru, cobalah matikan ponsel dan tarik kartu SIM ke luar. Masukkan kembali kartu sim dengan benar. Jika tidak berhasil, datangi gerai operator terdekat untuk mendapatkan solusinya.

Cara Mengatasi WhatsApp yang Tidak Bisa Anda Buka :

Lakukan Update Rutin

Jika ponsel Anda sudah lama bersama anda, coba lakukan pembaharuan sistem (OS) terlebih dahulu sebelum mengganti ponsel lawas Anda dengan yang baru.

Akan tetapi, pastikan spesifikasi sistem operasional ponsel adalah yang terbaru saat akan membelinya. Update bertujuan meminimalisir bugs pada aplikasi agar dapat bekerja secara maksimal.

Gunakan Memory Card Eksternal

Meski telah menghapus cache pada aplikasi WhatsApp, permasalahan lagging atau hang akan kembali terjadi jika tidak ada ruang yang cukup pada memori internal ponsel.

Memori internal atau bawaan pada ponsel memang tidak bisa ditambahkan kapasitasnya, namun Anda dapat menambahkan memory card eksternal dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, sehingga ponsel Anda, dapat menampung aplikasi dan data lebih banyak.

Pastikan Jaringan Internet Stabil

Meski berada pada area perkotaan tidakย  jarang pengguna ponsel sulit mendapatkan jaringan internet yang stabil, sehingga membuat Anda sulit membuka atau menjalankan WhatsApp. Gunakan WiFi sebagai cara lain mendapatkan jaringan internet yang stabil.

Kode Aktivasi Salah

Saat melakukan install ulang, Anda akan diminta memasukkan kode verifikasi untuk dapat menggunakan WhatsApp. Kode aktivasi biasanya dikirim melalui pesan singkat (SMS), jika kode tak juga Anda terima, pilih opsi kode aktivasi melalui panggilan suara.

Add a Comment