6 Bulan Pandemi Virus Corona di Indonesia Sudah 177 Ribu Kasus

6 Bulan Pandemi Virus Corona di Indonesia Sudah 177 Ribu Kasus

PrimaBerita – Sekitar 6 bulan pandemi virus corona berlangsung di Indonesia, kasus sudah mencapai 177 ribu kasus sejak awal kasus pada maret 2020 lalu. Untuk minggu pertama pada bulan september ini, zona resiko tinggi atau zona merah menunjukkan peningkatannya. Dari yang 32 daerah pada minggu sebelumnya kini menjadi 65 daerah.

Hal tersebut berdasarkan data mingguan per 30 agustus 2020, satgas penanganan covid-19 melaporkan jumlah zona merah mengalami kenaikan dari yang sebelumnya hanya 32 daerah kini sudah menjadi 65 daerah zona merah.

Sedangkan untuk zona oranye atau wilayah dengan zona resiko sedang juga menunjukkan peningkatan. Yakni dari yang hanya 222 daerah menjadi 230 daerah.

Sementara itu zona lainnya adalah zona kuning dan zona hijau. Terhadap wilayah dengan zona kuning (zona resiko rendah) pada pekan ini sebanyak 151 daerah yang sebelumnya hanya 189 daerah. Zona kuning mengalami penurunan.

Akan tetapi untuk zona hijau (zona tidak terdampak) dan zona yang tidak ada kasus baru tercatat mengalami penurunan. Yang mana semula pada pekan lalu total daerah tersebut yakni sebanyak 71 daerah. Tetapi kini telah menjadi 68 daerah.

Adapun perubahan zonasi resiko pandemi virus corona dapat dipengaruhi oleh 3 indikator penilaian. Indikator tersebut yakni penilaian zonasi resiko dengan ketentuan indikator epidemiologi, pelayanan kesehatan, serta surveilans kesehatan masyarakat.

Pun demikian sebagai salah satu syarat perubahan zonasi resiko dalam indikator epidemiologi yakni dengan adanya penurunan jumlah kasus positif sebanyak 50% atau lebih dari puncak kasus. Namun terhadap Indonesia sendiri kasus virus corona masih tetap mengalami peningkatan bahkan selama sepekan terakhir.

Per 29 agustus 2020 menurut laporan satuan tugas covid-19, tambahan kasus baru mencapai 3.308 kasus hanya dalam kurun sehari. Oleh sebab itu maka secara akumulatif kasus virus corona (covid-19) sudah berjumlah 177.571 kasus pada data yang terhimpun (1/9/2020).

Lihat Juga: Dari Tinggi ke Rendah, Ini Tempat dengan Resiko Penularan Covid-19

Daftar Zona Merah Covid-19

Menurut laman https://covid19.go.id/ berikut daftar wilayah Indonesia yang terkena zona merah.

1. Sumatera Utara yang terdiri dari Binjai, Medan, Tebing Tinggi, Deli Serdang, Sibolga, Gunung Sitoli, dan juga Dairi.

2. Sumatera Barat yang terdiri dari Agam, Bukittinggi, Padang.

3. Sumatera Selatan yang terdiri dari Lubuklinggau serta Muara Enim.

4. Sulawesi Utara yang terdiri dari Manado, Minahasa, Minahasa Utara.

5. Sulawesi Tenggara yang terdiri dari Kendari.

6. Papua Barat yang terdiri dari Sorong.

7. Riau yang terdiri dari Pekanbaru.

8. NTB yang terdiri dari Sumbawa dan Mataram.

9. Kepri yang terdiri dari Batam.

10. Maluku yang terdiri dari Ambon.

11. Kalimantan Selatan yang terdiri dari Banjar, Balangan, Banjarmasin, Barito Kuala, Kotabaru.

12. Kalimantan Timur yang terdiri dari Bontang, Balikpapan, Penajam Paser Utara, dan Samarinda.

13. Jawa Barat yang terdiri dari Depok, Kota Bekasi, Bekasi, dan Kota Bogor.

14. Jawa Timur yang terdiri dari Malang, Kota Malang, Tuban, Pasuruan, Kota Pasuruan, Kota Batu, Blitar, Sidoarjo, dan Banyuwangi.

15. Jawa Tengah yang terdiri dari Kudus, Semarang, dan Surakarta.

16. Bali yang terdiri dari Tabanan, Bangli, Karangasem, serta Klungkung.

17. Banten yang terdiri dari Kota Tangerang dan juga Tangerang.18. Aceh yang terdiri dari Aceh Barat Daya, Pidie, Aceh Besar, Kota Banda Aceh, Aceh Barat, Aceh Selatan, serta Nagan Raya.

19. DKI yang terdiri dari Jakpus, Jakarta Barat, Jakut, Jakarta Timur, dan Jaksel.

Add a Comment