Teringat Mantan Kekasih Saat Mendengar Lagu? Ini Penyebabnya

PrimaBerita – Beberapa orang mungkin akan teringat pada mantan kekasih saat mendengar lagu tertentu. Namun percayakah anda jika lagu memiliki koneksi dengan daya ingat manusia?.

Sebuah lagu bisa menjadi mesin waktu yang mengirimkan seseorang ke masa lalu. Misalnya saja mengingatkan kepada mantan.

Ketika menjalin hubungan dan satu sama lain menyukai suatu lagu yang sama, maka lagu tersebut menjadi kenangan semasa pacaran.

Ada pula seseorang yang dahulunya menyatakan cinta lewat lagu. Dengan hal-hal seperti itu, lagu bisa jadi pengingat kepada sosok mantan.

Sejumlah studi telah memaparkan, alunan lagu dapat mengaktifkan jaringan syaraf pada otak yang berhubungan dengan motorik, kreativitas, dan emosi.

Berikut penyebab Teringat Mantan Kekasih Saat Mendengar Lagu

Mengutip Psychology Today, sebuah studi dari alporan Amee Baird dan Severine Samsons, University of Newcastle Australia menjabarkan metode penyembuhan pasien yang mengalami cedera otak dengan menggunakan lagu. Studi tersebut menguji peran lagu dalam membangkitkan ingatan pada otak.

Rentetan studi tersebut menguatkan teori ihwal lagu yang dapat menjadi sarana bernostalgia. Itulah alasan seseorang bisa teringat kenangan spesifik pada masa lalu bersama orang tua, keluarga, teman, kerabat, termasuk juga mantan kekasih.

Mnegutip studi lain dari University of California, Lagu-lagu yang sudah familiar dapat membangkitkan memori dan emosi. Oleh sebab itu, ketika mendengarkan lagu yang familiar dapat membangkitkan ingatan pada periode tertentu.

Selain membangkitkan memori, lagu juga merangsang gerakan tubuh. Sebuah penelitian, melakukan pengujian MRI pada orang-orang yang mendengarkan lagu.

Hasilnya diketahui saat mendengarkan lagu bagian cerebrum dan cerebellum otak yang terlibat dalam kemampuan motorik terstimulasi. lagu juga menstimulasi sistem limbik otak yang berpengaruh pada emosi.

Itulah alasan ilmiah tipe-tipe lagu tertentu, seperti dangdut, rock, ska, dan sebagainya membuat pendengarnya ingin bergoyang mengikuti ritme lagu.

Di samping itu, mendengarkan lagu juga dapat mengubah emosi. lagu bisa membuat pendengarnya merasa senang, semangat, juga sedih.

Add a Comment