Olahraga Ini Ampuh Membentuk Perut Rata. Ayo Kenali

-

PrimaBerita – Kardio sering dipilih sebagai cara untuk menurunkan berat badan karena aktivitas dalam olahraga ini dipercaya membakar kalori dan lemak lebih banyak. Membakar lemak lebih banyak justru akan memberikan peluang lebih besar dalam membentuk perut rata. Olahraga kardio itu namanya High Intensity Interval Training (HIIT).

Apa itu HIIT?

HIIT merupakan latihan kardio intensitas tinggi dengan kombinasi gerakan yang dilakukan dalam durasi singkat, hanya 5-20 menit. Namun ternyata meski sebentar, efeknya bagi tubuh luar biasa.

Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan selama melakukan olahraga HIIT, misalnya bersepeda, lari sprint, zuma, pilates, dan latihan berat lain yang direkomendasikan oleh trainer.

Latihan interval intensitas tinggi melibatkan periode latihan yang singkat, dengan jenis latihan berat sehingga detak jantung meningkat lebih cepat. Interval yang dimaksud adalah mulai dari pola intensitas sedang, kemudian beralih ke intensitas tinggi secara bergantian dalam interval yang telah ditentukan.

Latihan dengan intensitas tinggi akan memacu kerja jantung lebih keras, sehingga konsumsi oksigen dalam tubuh ikut meningkat. Efeknya apa? Jika konsumsi oksigen meningkat, proses metabolisme dalam tubuh juga akan semakin cepat sehingga lemak akan lebih banyak dibakar menjadi energi dan membentuk perut rata .

Keuntungan HIIT:

  1. Hanya memerlukan waktu latihan yang singkat.
  2. Lebih banyak menggunakan otot untuk bekerja, sehingga menjaga massa otot agar tidak loss.
  3. Mendapatkan afterburn effect (EPOC) yang berarti pembakaran kalori tetap tinggi setelah selesai masa latihan.
  4. Meningkatkan kekuatan otot karena banyak otot yang telibat.

Kelemahan HIIT

  1. Tidak cocok bagi mereka yang obesitas dan jarang olahraga.
  2. Memiliki risiko cedera yang lebih tinggi jika tidak dilakukan dengan tepat.
  3. Kurang cocok untuk latihan endurance karena waktu yang singkat.

Waktu latihan melebihi waktu yg dianjurkan

Karena ingin menurunkan berat badan dalam waktu cepat, membuat kita jadi melebihi anjuran waktu optimal saat melakukan olahraga HIIT. Pasalnya, tubuh tidak didesain untuk melakukan aktivitas dengan intensitas tinggi dalam jangka waktu yang lama.

Olahraganya orang sibuk memang tidak dianjurkan melebihi 30 menit. Melebihi waktu tidak akan memberikan hasil lebih, malah dapat cedera.

Add a Comment