Selain Enak, Ini Manfaat Mengonsumsi Cokelat Bagi Tubuh

manfaat cokelat bagi tubuh

PrimaBerita – Salah satu manfaat cokelat bagi tubuh adalah sebagai penghilang stres. Selain itu rasa cokelat yang begitu manis juga mampu mengusir rasa bosan serta membangkitkan kembali suasana hati.

Apalagi saat memiliki jadwal pekerjaan yang sangat padat serta batas waktu yang sudah mengejar anda, langkah alami yang paling cepat dan praktis adalah dengan memakan sebatang cokelat. Anda bisa membelinya pada supermarket terdekat.

Sejumlah kandungan nutrisi yang terdapat dalam cokelat, yaitu:

  1. Sumber karbohidrat
  2. Asam amino triptofan
  3. Protein penilalanin
  4. Tyrosin
  5. Kandungan lemak

Dengan demikian oleh karena nutrisi-nutrisi itulah membuat cokelat sebenarnya baik bagi tubuh.

Lihat Juga: Hati-hati, Jenis Minuman Ini Dapat Merusak Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat Cokelat Bagi Tubuh

Manfaat-manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Meningkatkan produksi insulin

Manfaat cokelat yang pertama yaitu mampu meningkatkan produksi insulin. Beberapa peneliti baru-baru ini telah menemukan bahwa resistensi insulin atau faktor resiko diabetes secara signifikan mengalami penurunan terhadap orang-orang yang mengonsumsi dark chocolate.

  • Membantu menurunkan berat badan

Mungkin selama ini cokelat sering kali dianggap sebagai pemicu kenaikan berat badan, namun sebenarnya cokelat bisa membantu anda dalam upaya menurunkan berat badan. Meskicokelat memiliki kandungan lemak yang lumayan, namun para peneliti dari Universitas Copenhagen telah menghasilkan bahwa dark chocolate bisa memberikan perasaan kenyang.

  • Meningkatkan inteligensi

Jika anda terlibat dalam situasi yang banyak membutuhkan kinerja otak sehingga memicu untuk depresi, cobalah untuk mengonsumsi minuman-minuman cokelat ataupun cocoa yang kaya akan flavonal. Karena cokelat bukan hanya membantu anda meredakan stres/depresi melainkan dapat meningkatkan inteligensi bahkan saat waktu yang amat mendesak.

  • Meminimalisir resiko serangan jantung

Manfaat selanjutnya yaitu bisa meminimalisir resiko serangan jantung. John Hopkins School of Medicine telah melakukan sebuah penelitian. Hasilnya, jenis dark chocolate bisa mengurangi resiko serangan jantung serta mengaitkannya dengan pembekuan trombosit.

Dan dari hasil mengatakan bahwa pembekuan darah mampu menjadi lebih lambat terhadap orang-orang yang mengonsumsi cokelat. Karena jika trombosit mengalami pembekuan dalam pembuluh darah, kemungkinan dapat menyebabkan serangan jantung.

 

Add a Comment